kerja dari rumah

4 Pekerjaan kantoran yang bisa kerja dari rumah

3 min read

Mengingat kasus pandemi Covid.19 di Indonesia ini semakin bertambah terus kasus orang yang terjangkit, pemerintah pun menghimbau warganya untuk mengisolasi diri dirumah guna menekan angka penyebaran virus ini atau istilahnya flatten the curve. Bagi warga yang belum memiliki pekerjaan tentu saja akan lebih mudah untuk mengikuti himbauan tersebut, tapi agak sulit bagi pemilik usaha dan mereka yang sedang bekerja karena tidak semua jenis industri maupun pekerjaan bisa diberlakukan untuk kerja dari rumah.

Dibawah ini adalah 4 pekerjaan kantoran yang bisa kerja dari rumah, perlu diperhatikan bahwa daftar yang saya sebutkan dibawah tidak mutlak karena semuanya kembali lagi ke pihak manajemen sebuah perusahaan bagaimana mereka memutuskan untuk bisa memberlakukan kebijakan kerja dari rumah untuk para pegawainya.

1. Digital Advertiser

Digital Advertising adalah pekerjaan yang mengiklankan produk dari sebuah brand secara online, biasanya iklan-iklan yang mereka buat bisa kamu temukan di youtube, google search, instagram, facebook, dan lain-lainnya.

Secara umum, aktivitas yang dilakukan seorang digital advertiser hanya memerlukan sebuah konten, laptop, dan koneksi internet. Bahkan untuk reporting juga sangat mudah jika dilakukan secara online.

2. Copywriter/Content Writer

Seseorang yang bekerja sebagai copywriter ataupun content writer tentu saja memiliki kemampuan untuk bekerja dari rumah. Aktivitas mereka biasanya membutuhkan sebuah product brief dari seorang product design manager. Karena mereka hanya perlu mengerti tentang fungsi dan positioning dari suatu brand/product untuk diubah ke sebuah tulisan yang mengarahkan konsumen untuk melakukan sebuah aksi terhadap brand tersebut.

3. Designer

Tidak semua designer memiliki kemampuan untuk bekerja dari rumah karena keterbatasan dari segi alat pendukung, dan juga koneksi internet. Hanya beberapa graphics designer saja yang mungkin bisa bekerja dari rumah jika pekerjaannya tidak mengharuskan untuk membuat sebuah design yang rumit (biasanya memerlukan komputer berspesifikasi tinggi).

Secara umum pekerjaan sebagai graphics designer hanya memerlukan alat-alat pendukung design seperti laptop/komputer yang memiliki spesifikasi yang sesuai pada jenis design yang dilakukan, ataupun alat gambar digital.

Jika dikantor kalian biasanya hanya menggunakan laptop, harusnya perusahaan tidak akan begitu lama untuk mengeluarkan kebijakan untuk kerja dari rumah, paling tidak disediakannya paket internet dari kantor.

4. Customer Service

Customer service yang dimaksud adalah mereka yang bekerja dan berhadapan dengan konsumen/client/customer tanpa harus bertatap muka secara langsung, biasanya customer service tipe ini adalah mereka yang bekerja disebuah perusahaan yang menjual produk secara online namun masih menggunakan media chatting untuk melakukan proses transaksi.

Kesimpulan

Walau banyak perusahaan yang memberikan kebijakan kepada empat jenis pekerjaan diatas untuk kerja dari rumah, masih banyak beberapa perusahaan yang tidak memberikan kebijakan tersebut (karena belum ada anjuran lebih lanjut dari pemerintah). Tetapi disamping itu semua, buat kalian yang masih bekerja diluar, selalu jaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari covid.19 🙂

Gravatar Image
Linux & Digital Marketing Enthusiast. Memiliki hobi untuk berbagi informasi dan wawasan melalui tulisan sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *