5 situs penyedia gambar gratis untuk Content Creator

Posted on

Menulis sebuah artikel tanpa adanya gambar sudah pasti akan membuat artikel tersebut kurang menarik. setidaknya kita membutuhkan satu gambar saja sebagai featured image untuk artikel yang kita buat.

Kebanyakan gambar juga tidak baik sih untuk pembaca, yang terpenting adalah menjadikan sebuah gambar sebagai informasi tambahan yang relevan dengan penggalan tulisan kita.

Jika kamu menjunjung tinggi orisinalitas konten dalam sebuah artikel, tentunya tidak mungkin kan kita menggunakan gambar yang informasi hak ciptanya tidak jelas ? hehehe….

baca juga : 5 hal yang tidak boleh dilakukan sebagai Content Creator

Untuk itu saya ingin memberikan daftar situs penyedia gambar apa aja sih yang gambarnya boleh digunakan secara gratis ( bahkan untuk keperluan komersial ).

Pexel

Pexel adalah situs penyedia gambar yang sering saya gunakan, seluruh gambar yang disediakan pada situs tersebut boleh kita gunakan, kita modifikasi.

Bahkan kita juga boleh untuk tidak menyertakan kredit pemilik gambar, tetapi jika kamu ingin mengapresiasi gambar tersebut dengan memberikan kredit kepada pemilik gambar ya sah sah saja hehe.

Burst by Shopify

Kira kira siapa disini yang tidak kenal dengan Shopify ? hehehe, bagi yang tidak tahu apa itu shopify ini adalah platform pembuatan website untuk ecommerce. Nah jadi shopify itu juga membuat layanan penyedia gambar gratis yang bernama BURST.

Untuk isi gambarnya sendiri sih sudah pasti kebanyakan gambar yang katalog-able untuk kebutuhan ecommerce. Untuk lisensi gambar yang ada di BURST ini semuanya gratis dan bisa digunakan secara komersial.

Unsplash

Ada cerita yang unik dibalik pembuatan situs Unsplash ini, jadi Mikael Cho si penemu Unsplash ini awalnya berniat mencari gambar untuk dijadikan bagian dari halaman utama website nya Crew.co ( saat ini sudah jadi bagian dari dribble.com ), tetapi dia tidak menemukan gambar yang cocok untuk halaman utama pada websitenya tersebut sehingga memilih untuk mempekerjakan fotografer.

baca juga : cara optimasi score pagespeed pada website

Setelah itu ia mengupload gambar hasil dari perusahannya ke tumblr dengan lisensi Creative Commons CC0, orang orang yang lihat hasil karya tersebut menyukainya. Nah dari sini lah awal mulanya berdiri situs Unsplash ini, Menarik kan ? hehehe.

Pixabay

Yang unik dari situs penyedia gambar gratis yang satu ini adalah tidak hanya berisi gambar hasil fotografi saja tetapi juga berisi gambar ilustrasi, vektor, bahkan juga ada video yang bisa kamu gunakan untuk keperluan ngeblog ataupun komersial, wih keren sih ini.

Stocksnap

walau situs penyedia gambar gratis yang terakhir ini tergolong masih baru dari yang sudah saya sebutin diatas, Stocksnap juga memiliki standar lisensi yang sama dengan situs penyedia gambar gratis yang lainnya yaitu bisa di gunakan secara personal, dimodifikasi, ataupun digunakan secara komersial. Situs ini selalu menjadi pilihan terakhir saya jika saya tidak menemukan gambar yang saya cari dari situs yang lainnya hehehe…

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa situs penyedia gambar gratis yang sudah saya sebutkan diatas, semoga membuat kita mengurangi atau sadar akan tidak baiknya perbuatan mengambil gambar dari google tanpa melihat terlebih dahulu hak ciptanya gratis atau tidak. 

Selain itu walau semua situs diatas memiliki lisensi creative commons CC0, bukan berarti kita juga bebas sebebasnya menggunakan gambar tersebut atau bahkan mengklaim gambar tersebut adalah milik kita sendiri setelah di modifikasi. Ada beberapa peraturan yang harus kita patuhi seperti :

  • Tidak boleh menjual gambar ke penyedia stock berbayar
  • Tidak boleh menjual gambar sebagai banner iklan tanpa menambah nilai yang berguna 
  • Tidak boleh menggunakan gambar untuk menyesatkan orang lain
  • dan lain lain

Untuk kalian yang merasakan manfaat/keuntungan dari situs penyedia gambar gratis tersebut. Kalian juga bisa mendonasikan seiklasnya atau bisa mendonasikan ke bentuk gambar secara gratis ke salah satu situs penyedia gambar diatas. hehehe, semoga bermanfaat 🙂

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *