mengikuti lomba blog

Alasan kenapa kamu seharusnya tidak mengikuti lomba blog

Posted on 3 min read

Sampai saat ini lomba blog masih sering digunakan oleh beberapa perusahaan atau perorangan sebagai sarana untuk menaikkan rank websitenya. Biasanya yang mengikuti lomba blog ini adalah blogger pemula, tentu saja begitu. Karena jika kamu sudah paham sedikit saja mengenai seluk beluk blogging, Kamu pasti tidak akan mau mengikuti lomba blog. Kenapa begitu ?

Berikut pertanyaan saya kepada John Mu (seorang webmaster analyst di Google) tentang baik atau buruknya mengikuti lomba blog yang mengharuskan untuk memberikan backlink.

John Mu sendiri bilang bahwa hal tersebut melanggar pedoman Webmaster, dan akan berefek negatif untuk kedua website yang terlibat.

Mengakalimu untuk menaikkan rank website mereka

Hampir semua kompetisi blog mensyaratkan kamu untuk menaruh backlink berdasarkan keyword yang sudah mereka sediakan. Lalu kenapa bisa menguntungkan mereka ? sampai saat ini backlink memang masih menjadi faktor penting untuk menaikkan ranking sebuah website dimata google.

Bahkan jika Kamu menjadi pemenang pada lomba blog tersebut, mereka tidak akan memberi link hidup (dofollow) kembali kepada blog kamu. Mereka hanya akan mencantumkan Nama pemenang dan link website yang sudah dipendekkan menggunakan Url Shortener.

Blog kamu bisa dianggap Spam oleh google

Keseringan mengikuti lomba blog, tentu saja akan semakin banyak outbond link (link keluar) yang menyebabkan blog kamu bisa ditandai sebagai blog spam. Akibatnya ? tentu saja blog kamu tidak akan atau bahkan sulit untuk memasukki halaman pertama google.

Sebenarnya kamu bisa saja membuat outbound link nya menjadi nofollow atau menyembunyikan link tersebut tetapi jika kamu buat seperti itu, saya tidak yakin kamu akan menjadi pemenang pada lomba blog tersebut.

Tidak ada blogger profesional yang mengikuti lomba blog

Sekarang coba kamu pikir kembali, apakah ada seorang blogger profesional yang mengikuti lomba blog ? tidak ada.

Alasannya karena website seorang blogger profesional sudah memiliki rank website yang cukup tinggi, rugi jika web dengan rank yang tinggi mempromosikan sebuah website dengan ranking yang lebih rendah.

Bahkan tidak jarang juga blogger profesional di indonesia yang menyelenggarakan lomba blog untuk salah satu websitenya, tujuannya untuk apa ? ya tentu untuk menaikkan rank websitenya dong.

Semakin besar hadiah yang kamu keluarkan, tentunya akan semakin banyak blogger yang tertantang untuk mengikuti lomba blog yang kamu buat. Hasilnya, berbagai macam backlink untuk keyword yang kamu miliki dari berbagai macam blog akan menaikkan ranking website kamu.

Kesimpulan

Ngomong – ngomong, ada banyak tipe lomba blog sih. Yang perlu kamu hindari adalah blog yang mengharuskan kamu memberikan backlink ke website mereka.

Daripada menulis artikel yang mempromosikan website orang lain, kenapa kamu tidak berusaha untuk membuat artikel yang lebih berkualitas sesuai topik blog yang kamu miliki dan mempromosikan blog kamu sendiri ?

Terimakasih.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *