Informasi lengkap tentang alat yang digunakan pada website ini

Posted on 4 min read

Halo, kali ini saya ingin memberikan informasi yang bisa dibilang lumayan penting bagi yang membutuhkan hehe. Singkatnya saya membuat website ini menggunakan CMS WordPress dan di hosting pada VPS Vultr.

Jadi tujuan saya dengan memberikan informasi hal apa saja yang saya gunakan dalam membangun website ini bisa menjadi referensi untuk pengguna yang ingin membuat blog, setidaknya mengerti tentang struktur website yang saya gunakan ini apa hehe..

Domain yang saya gunakan

Domain ariestwn[dot]com saya beli melalui IDwebhost, sampai saat ini saya tidak mengalami kendala apapun dengan membeli domain ini di IDwebhost, harga domain yang saya beli saat itu adalah Rp. 159.856,- sudah termasuk dengan pelindung domain whois.

Yang saya suka saat membeli domain dari IDwebhost adalah mereka menyediakan berbagai macam metode pembayaran, seperti Gopay, Virtual Account (hanya tersedia Mandiri dan BNI), dan transfer bank konvensional.

Biasanya saya membeli domain melalui Namecheap, namun karena saat itu Paypal saya lagi bermasalah. Sehingga saya memutuskan untuk mencari penyedia domain di Indonesia.

Sebelum membeli domain, pastikan nama domain yang ingin kamu beli tersedia. Kamu bisa mengeceknya melalui link ini.

Hosting yang saya gunakan

Blog ariestwn ini dihosting menggunakan VPS (Virtual Private Server), untuk layanan VPSnya sendiri saya menggunakan VULTR. Alasan saya lebih memilih untuk menggunakan VPS ketimbang Shared Hosting adalah, karena dengan menggunakan VPS saya jadi bisa lebih menghemat uang tetapi tetap mendapatkan performa yang maksimal.

Pada VULTR, saya berlangganan dengan layanan 10$/bln. Dengan harga segitu saya mendapatkan hosting dengan spesifikasi :

  • Kapasitas Penyimpanan : 40GB SSD
  • CPU : Single Core Intel Skylake
  • RAM : 2 GB
  • Bandwith : 2 TB

Oiya, menurut saya jika kamu memang baru pertama kali ingin mencoba menghost website di VPS, saya sarakankan kamu untuk mengambil plan paling rendah saja, apalagi website yang ingin kamu buat benar-benar baru dan belum memiliki jumlah visitor yang banyak.

Web Server yang saya gunakan

Saya menggunakan web server Nginx karena lebih mudah saat melakukan konfigurasi, dulu saya sempat menggunakan Apache sampai akhir tahun 2013, lalu memutuskan untuk menggunakan Nginx mulai pertengahan 2014 sampai sekarang.

Nginx memiliki performa lebih bagus saat memproses file dynamic seperti php. Sedangkan Apache lebih bagus untuk melakukan proses file static, walau dari masing-masing web server memiliki metode untuk menutupi kekurangannya, Saya lebih menyukai Nginx.

CMS yang saya gunakan

CMS yang saya gunakan untuk website blog personal ini adalah WordPress.org atau yang biasa disebut dengan sebutan WordPress Self-Hosted. Maksud dari self-hosted ini adalah kita menggunakan WordPress dengan hosting yang sudah kita beli/sediakan sendiri.

Keuntungan dengan menggunakan wordpress.org (self-hosted) :
  • Bebas dimodifikasi (tentunya jika kamu mengerti)
  • Bisa instal theme secara bebas (mau theme berbayar ataupun free)
  • Bisa instal plugin secara bebas (mau theme berbayar ataupun free)
  • Bebas dimonetisasi
  • Bisa buka toko dengan plugin woocommerce
Keuntungan dengan menggunakan WordPress.com (hosted by wordpress) :
  • Dapat domain gratis di satu tahun pertama daftar
  • Tidak perlu ribet mikirin cara instal wordpress (kamu hanya perlu setting judul, deskripsi website, dan mulai posting!)
  • Tidak perlu pusing mikirin bandwith/bulan
  • Tidak perlu ada biaya ekstra perawatan server/hosting
  • Tidak takut akan adanya DDOS

Tetapi saya lebih suka dengan wordpress.org karena saya bisa lebih bebas melakukan apapun yang saya suka dengan website saya. Tetapi jika kamu seseorang yang sibuk dengan Bisnis utama dan menjadikan blog hanya untuk media menuangkan isi pikiran saja. WordPress.com adalah pilihan yang sangat tepat, karena kamu tidak perlu memikirkan hal teknis dan perawatan berkalanya seperti halnya jika menggunakan WordPress.org.

Template WordPress yang saya gunakan

Saat artikel ini ditulis, saya menggunakan template wordpress premium dari IDtheme yaitu Superfast. Saya memutuskan untuk menggunakan template ini karena di reviewnya juga bagus-bagus, score pagespeed demo templatenya juga bagus.

Setelah saya coba sendiri ya memang hasilnya terbukti, saya test pagespeed (tentunya dengan pengaturan tambahan) saya bisa mendapatkan nilai yang hampir sempurna (demo templatenya aja kalah lho ya) hahaha. Bisa dilihat digambar dibawah ini buktinya :

score pagespeed hampir 100/100 xD

Disamping score yang hampir sempurna tersebut, saya juga sudah menggunakan plugin seperti google-analytics, push notification, dll yang biasanya situs lain juga susah untuk dapetin score segitu (termasuk template demonya).

Berbagai macam Plugin yang saya gunakan

Berikut ini adalah plugin saya gunakan pada website saya

  • Akismet Anti-spam, saya pakai plugin ini untuk memfilter komentar spam
  • Async Javascript, saya pakai plugin ini untuk defer javascript biar engga render blocking.
  • Autoptimize, saya pakai plugin ini untuk minify & combine css biar makin bagus score pagespeednya
  • Cloack Affiliate Link, Ini bukan plugin, tetapi fiturnya lebih saya rekomendasikan daripada menggunakan plugin affiliate link diluar sana.
  • Q2W3 Fixed Widget, pakai plugin ini untuk bikin sidebar widget jadi floating saat di scroll.
  • Yoast SEO, pakai plugin ini biar website semakin SEO
  • SuperPWA, pakai plugin ini biar website bisa dikunjungi dalam mode offline.
Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *