Apa itu Linktree & Bagaimana cara buat versi kamu sendiri

Posted on

Linktree akhir – akhir ini sering sekali digunakan oleh banyak pengguna Instagram untuk meletakkan link mereka, terutama mereka yang memiliki bisnis online shop. Meletakkan satu link saja seakan kurang cukup gitu kan, maka dengan hadirnya linktree ini menjadi solusi buat setiap orang yang memerlukannya.

Jadi, Apa itu Linktree ?

Sederhananya Linktree adalah sebuah situs yang menyediakan kamu satu link untuk seluruh link yang kamu miliki dalam bentuk tampilan yang simpel dan mudah digunakan. Kamu bisa melihat contoh linktree dibawah ini..

Drama Linktree dengan Instagram & Netizen

Dulu linktree pernah terlibat dalam sebuah drama dengan Instagram dimana para pengguna yang mengisi link pada bio mereka tiba – tiba muncul notif “link not allowed” seperti gambar dibawah ini

Tak lama kemudian Linktree pun memberi tanggapan pada twitternya bahwa Instagram sebenarnya keliru dengan menganggap linktree melawan kebijakan yang dibuat oleh Instagram. Dan tak lama setelah itu masalah ini pun reda karena linktree sudah bisa diakses kembali.

Namun, setelah beberapa bulan terlewati. Masalah tersebut kembali lagi pada bulan Juli 2019 lalu melalui cuitan seseorang di Twitter

Linktree pun segera memberi tanggapan untuk cuitan tersebut, bahwa Instagram mulai memblokir link dari pengguna secara individu. Jadi bukan Linktree nya yang diblokir oleh Instagram, melainkan link dari pengguna tersebut yang diblokir Instagram karena diduga melanggar kebijakan Instagram.

Menurut saya sendiri, hal tersebut lumayan masuk akal karena banyak juga pengguna yang tidak bertanggung jawab saat menggunakan Linktree untuk memasukkan link yang mengandung spam dan berbahaya bagi pengguna Instagram.

Tapi selain isu eksternal dengan Instagram, Linktree juga memiliki masalah internal seperti ketika tiba – tiba website mereka yang tidak bisa diakses karena “Down” entah karena tidak kuat menahan beban traffic dari pengguna atau memang server mereka yang bermasalah.

Karena masalah – masalah yang kerap terjadi tersebut, mulai banyak bermunculan artikel – artikel blog yang merekomendasikan orang mengapa seharusnya kita tidak menggunakan linktree dan membuat versi sendiri.

Banyak yang tidak merekomendasikan untuk gunakan linktree

Tapi apakah benar seburuk itu ?

Sebelum saya dan kamu men-judge si Linktree ini, sepertinya kita harus membahas beberapa poin yang disinggung oleh para blogger yang “anti” dengan Linktree. Berikut beberapa poin yang mereka tidak sukai dari layanan Linktree

Websitenya Sering Tumbang, mungkin karena penggunanya yang semakin banyak dan penggunanya tersebut memperkenalkan linknya ke para pengikutnya yang banyak juga sehingga membuat servernya tumbang. Tapi menurut saya hal ini juga wajar kok, bahkan situs sekelas Instagram dan Facebook juga sering tumbang, ga percaya ? silahkan search dengan kata kunci “Instagram Down” di google.

Linknya sering di Blokir Instagram, kalau kita lihat disini sebenarnya Instagram hanya sedang melakukan penyesuaian dengan Linktree, karena memang banyak pengguna Linktree yang menyalahgunakan linknya untuk tujuan yang buruk sehingga banyak di report pengguna Instagram. Daripada mengganggu ekosistem Instagram, maka kala itu instagram langsung memblokir linktree langsung agar tidak bisa digunakan lagi di Instagram. Tapi sekarang sudah normal kok, kedepannya memang Linktree harus lebih ketat lagi pengawasannya terhadap penggunanya sendiri.

Enggak Branding-able, klaimnya sih kalau kita menggunakan linktree mereka mengatakan bahwa hal ini akan mengurangi kekuatan branding kita sendiri. Selain itu, memang Linktree juga tidak menyediakan opsi bagi kita untuk mengganti domain linktr.ee dengan domain kita sendiri. Kalau menurut saya sih, selama model bisnis atau brand kamu tidak sama dengan si linktree ini, ini gak masalah.

Jadi kalau dinilai dengan perspektif yang positif, Linktree itu bagus banget buat kamu yang tidak paham hal-hal teknis dan ingin mendapatkan kemudahan dalam penggunaannya.

Sedangkan buat kamu yang memang sudah mengerti masalah teknis pembuatan halaman dengan html dan css seperti saya, lebih baik membuatnya sendiri karena selain menggunakan domain sendiri juga bisa di custom sesuai kemauan kita. Ini contoh halaman mirip linktree yang saya buat untuk memuat link online shop yang saya miliki.

buat linktree versi sendiri
Saya buatnya manual menggunakan html dan dibantu dengan skeleton css.

Apakah kamu tertarik untuk buat linktree versi sendiri ? Langsung aja isi komentarmu dibawah, nanti akan saya update kode sumbernya biar bisa kamu gunakan juga.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *