Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Posted on

Blog adalah sebutan untuk sebuah website yang ditulis dalam gaya bahasa sehari Рhari, yang biasanya ditulis dengan sudut pandang pertama (saya, aku, gw, dll ). Untuk sebagian orang mungkin masih bingung membedakan website dengan blog, padahal blog itu merupakan personal website atau istilah lain disebut website pribadi.

Pertama, hal yang harus kamu pahami untuk memulai sebuah blog adalah

Mengapa Kamu Ingin Membuat Blog ?

Beberapa orang yang tertarik untuk membuat blog dilandasi alasan karena mereka tertarik dengan keindahan blogging, suka menulis, atau karena ingin memberikan pemahaman kepada orang lain.

Adanya alasan ini yang nantinya akan menjadi pemacu semangatmu dalam menulis artikel secara rutin. Tanpa alasan yang jelas ? tentu saja kamu akan lebih mudah jenuh. Untuk itu pikirkanlah dan pertahankan keinginanmu saat memulai sebuah blog.

Beberapa alasan seseorang ingin memulai sebuah blog :

  • Ingin Dikenal Banyak Orang, tidak sedikit orang yang menginginkan agar banyak dikenal orang lain melalui karya tulisannya. Jika kamu menulis tentang sebuah review makanan. Mungkin kamu akan dikenal sebagai “oh itu dia food blogger, hebat banget makan banyak tapi badannya tetap slim”.
  • Ingin mendapatkan uang, jika kamu ingin mendapatkan uang untuk menulis. mungkin kamu harus menentukan sebuah topik blog yang benar – benar kamu kuasai secara mendalam. Misalnya kamu jago masak, kamu bisa menjual Webinar panduan memasak dan mempromosikannya didalam blog kamu.
  • Sekedar ingin menulis, menulis hal apa saja yang ingin kamu tuliskan misalnya kamu ingin menuliskan tentang keresahanmu akan suatu topik yang lagi trend, atau menuliskan kejadian yang baru saja kamu alami beberapa hari lalu.

Jika kamu benar – benar awam tentang sebuah blog, kamu tak perlu memikirkan hal teknis dari membuat blog, karena membuat blog itu gampang. Yang perlu kamu lakukan untuk memulai sebuah blog adalah terus menulis. Seiring berjalannya waktu, kamu akan memahami bagian bagian dalam blogging satu persatu.

Menentukan Topik Blog

Sebenarnya jika kamu memulai sebuah blog secara individu, kamu bisa menuliskan apa saja tentang hal yang ingin kamu tuliskan. Tetapi jika kamu berniat untuk membuat blogmu menjadi lebih profesional agar banyak pembaca, kamu harus menentukan satu topik khusus untuk blog kamu.

Saya lebih suka membaca blog yang konsisten menulis satu topik saja dibandingkan dengan topik campuran. Contohnya seperti blog yang membahas makanan, lifestyle, dan lain lain.

Pilih topik yang kamu sukai, saat kamu memiliki topik yang kamu senangi kamu akan cenderung lebih mudah dan giat saat menuliskan artikel tentang topik tersebut. Berbeda jika kamu tidak menyukai sebuah topik, nantinya akan berpengaruh kepada konsistensi dalam menulis artikel.

Langkah Memulai Blog Dengan Blogger

Dengan Blogger.com kamu tidak perlu menyewa hosting lagi karena google sudah baik hati untuk memberikan hosting blogger tersebut secara gratis kepada kamu. Beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk memulai blogging dengan blogger yaitu

Domain pribadi

Memiliki domain pribadi sangat saya sarankan daripada menggunakan domain blogspot ? Alasannya karena

Domain PribadiDomain Blogspot
– Hanya 100 Ribuan pertahun– Gratis
– Lebih mudah diingat– Susah diingat
– Gampang mendapatkan domain unik– Subdomain unik susah didapat
– Bisa digunakan untuk berbagai macam hosting– Hanya bisa digunakan di Blogger

Kalau soal harga, domain .com bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp. 120.000,-. Saya juga menyarankan agar kamu memilih domain .com dibandingkan dengan domain lainnya, alasannya karena

  • Sudah merakyat, pernah tidak kamu menjumpai profile facebook seseorang yang memiliki nama terus disambung dengan .com ? misalnya seperti “ngatijo.com” atau “generasimilenial.com” padahal mereka tidak tahu menahu mengenai domain dan asal taruh aja di facebook.
  • Lebih tepat, untuk blog pribadi tentu saja domain .com menjadi pilihan yang sangat tepat.
  • Dipakai blogger profesional, sudah banyak blogger profesional yang menggunakan domain .com ini untuk websitenya.

Setelah paham kenapa domain .com adalah pilihan yang tepat, sekarang saatnya membeli domain untuk websitemu. Pastikan kamu sudah menentukan nama domain yang tepat untuk blog kamu.

Beberapa tips dari saya untuk menentukan nama domain yang tepat

  • Mudah diingat, saat menentukan domain pastikan namanya mudah diingat dan diucapkan oleh target audience kamu. Hindari menggunakan angka yang terlalu banyak.
  • Jangan terlalu panjang, menggunakan kata yang terlalu panjang memang membuat ketersediaan domain tersebut semakin besar. Tetapi malah akan membuat orang susah mengingatnya.
  • Hindari penggunaan domain merek orang lain, misalnya nama kamu siti nurjani, saat kamu mencari ketersediaan domain untuk nama kamu. Ternyata nama tersebut sudah digunakan orang lain, maka kamu jangan membeli domain dengan nama yang mirip. Hal ini malah akan membuat nama domain kamu tidak unik. Pilih alternatif domain lain misalnya diarysisiti[dot]com.

Kamu bisa mengecek ketersediaan domain disini

Selanjutnya, setelah kamu selesai menentukan nama domain yang tepat untuk blog kamu. Tinggal kamu kunjungi saja situs penjual domain. Saya sendiri membeli domain saya ini pada situs IDwebhost (Saya akan mendapatkan komisi jika kamu membeli melalui link referal saya).

Cara membeli domain melalui IDwebhost :

Pertama, kunjungi situs IDwebhost dan ketikkan nama domain yang sudah kamu tentukan tadi.

Setelah itu klik tombol cari untuk mengecek ketersediaan domainnya. Jika domain tersedia maka tampilannya akan seperti dibawah ini

Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol “Beli Sekarang” untuk ke tahap selanjutnya

Pada bagian, Beli domain dengan hosting atau domain saja pilih domain saja. Karena blogger.com sudah gratis dan tidak memerlukan hosting.

Selanjutnya pada pilihan “Amankan Kontak Domain”, kamu hilangkan centang atau uncheck. Untuk kamu yang baru pertama kali membuat blog masih belum memerlukan domain protection.

Fungsi domain protection untuk menutupi informasi kontak berupa nomor telepon dan alamat lengkap. Kecuali kamu adalah orang penting dan terkenal atau menghargai privasi, kamu bisa mengaktifkan fitur domain protection tapi sebagai gantinya akan dikenakan biaya tambahan.

Setelah itu scroll kebawah dan kamu akan disuruh mengisikan data diri kamu secara lengkap dan benar, dan pilih bank sesuai dengan rekening bank kamu.

Setelah mengisikan data diri secara lengkap, lanjutkan dengan scroll kebawah untuk melihat total pembayaran domainnya.

Nah disitu tertera total domain yang harus kamu bayarkan nanti, harga tersebut sudah termasuk pajak 10%. Selanjutnya klik tombol checkout. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman status pembayaran seperti ini

Setelah kamu transfer sejumlah uang yang tertera. Kamu bisa langsung klik tombol konfirmasi. Nanti tinggal kamu masukkan saja nomor invoice tadi dan mengisikan email kamu saat daftar tadi. Atau jika ingin lebih cepat lagi, kamu bisa langsung menghubungi nomor yang tertera disana.

Ohiya, gambar diatas itu hanya demo saja. Saya tidak benar benar membeli domain tersebut karena saya sudah memiliki beberapa domain disana. Selanjutnya akan saya jelaskan panduan membuat blog dengan blogger.

Membuat blog dengan blogger

Untuk lanjut ke tahap membuat blogger, pastikan kamu memiliki akun gmail aktif. Biar mudah, kamu bisa menggunakan domain yang sama saat kamu membeli domain pada langkah sebelumnya.

Langkah pertama, buka link Blogger.com untuk mulai membuat akun. Klik tombol “Create your blog” untuk masuk menggunakan akun gmail.

blog dengan blogger

Setelah kamu masuk menggunakan akun gmail milikmu, maka kamu akan diarahkan ke halaman beranda Blogger. Klik tombol “create new blog”.

Kemudian buat nama judul untuk website kamu, untuk bagian nama domain kamu bisa tuliskan sembarang nama karena kamu sudah memiliki domain pribadi yang nanti akan kita konfigurasi belakangan.

Setelah itu kamu bisa langsung mengklik tombol “create blog!” untuk segera mempublish blog kamu. Sampai pada tahap ini, kamu bisa berhenti sejenak untuk mengapresiasi dirimu sendiri karena telah berhasil membuat blog dengan blogger! Yeeay

Konfigurasi Domain Pribadi pada Blogger

Setelah domain yang kamu beli terverifikasi, kamu langsung saja login ke dashboard akun IDwebhost kamu. Setelah masuk, tampilannya akan seperti ini. Klik domain untuk masuk ke pengelolaan domain.

Pada masing – masing bagian nameserver 1 sampai nameserver 3, isikan nameserver sesuai pada gambar :

NS1.DNSOWL.COM
NS2.DNSOWL.COM
NS3.DNSOWL.COM

Kemudian Buka Blogger.com, masuk ke Pengaturan/Settings. Klik opsi “+Set up a third-party URL for your Blog

Setelah di klik, silahkan isikan sesuai dengan domain yang kamu miliki. Contohnya seperti gambar ini

Saat kamu klik Save, mungkin tidak akan langsung tersimpan karena kita harus mengkaitkan konfigurasinya ke pengelola domain.

Pada bagian yang saya kotakin merah tersebut (kodenya pasti akan berbeda dengan milikmu). Kemudian kamu sesuaikan pengaturan tersebut pada Pengelola DNS Domain seperti gambar dibawah ini.

Ingat, kalau pada pengelola DNS milikmu tidak ada 4 alamat IP seperti pada gambar, kamu bisa menambahkannya secara manual dan IP nya tetap sama. Setelah itu klik simpan pada pengelola DNS dan kembali lagi ke pengaturan pada blogger untuk menyimpan pengaturan. Jika masih muncul notifikasi merah seperti tadi, mungkin kamu harus menunggu sekitar 20 menit. Jika sudah berhasil disimpan, maka tampilannya akan seperti ini

Sampai disini hanya tinggal satu langkah lagi untuk menyelesaikan pengaturan domain pribadi pada blogger. Klik edit kemudian centang pilihan “redirect to www” seperti ini

Setelah itu simpan, dan Kamu sudah selesai mengkaitkan domain pribadi milikmu dengan Blogger. Lalu apa langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan Blogger ?

Mulai membuat postingan baru dengan blogger

Mulailah membuat postingan baru pada blog yang kamu miliki sesuai dengan topik blogging yang sudah kamu buat. Berikut adalah panduan membuat postingan yang sukses :

  • Tulis headline / Judul yang memancing pengguna untuk membaca
  • Kuasai materi postingan yang kamu tulis
  • Usahakan jumlah kata dalam postingan minimal 300 kata
  • Berikan informasi yang memang berguna untuk pembaca, bukan informasi sekedarnya saja.
  • Pengguna membaca sebuah tulisan untuk menyelesaikan masalah, mendapatkan hiburan, mendapatkan informasi terbaru. Untuk itu pastikan tulisanmu menyertakan setidaknya salah satunya.

Agar blog kamu dikenal banyak orang, pastikan kamu sering memposting artikel setiap harinya atau seminimal mungkin 1 kali dalam seminggu.

Mendaftarkan Blog ke Google Search Console dan Google Analytics

Google tidak akan mau mengindeks artikel yang sudah kamu posting di blog kamu jika kamu belum mendaftarkan blog kamu ke Google search console

Cara daftar Google Search Console

Kunjungi Google Search Console, kemudian isikan url blog kamu dan klik tombol “Add Property”.

Setelah itu blog kamu akan langsung terverifikasi secara otomatis, seperti ini

Setelah itu klik “Go to property” maka akan tampil dashboard Search Console seperti ini.

Kemudian klik “Sitemaps” untuk mulai mendaftarkan artikel kamu agar bisa di Index oleh google. Lalu masukkan “sitemap.xml” pada kolom seperti gambar dibawah ini dan klik tombol “submit”.

Setelah kamu mendaftarkan blog kamu, biasanya artikel kamu akan di Index oleh bot google setelah 24 jam, tapi jika ternyata artikel kamu belum di index lebih dari waktu tersebut. Kamu bisa langsung saja mensubmit url artikel kamu pada bagian “Url Inspection”

Mendaftarkan blog ke Google Analytics

Google Analytics berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengetahui seberapa banyak orang yang membaca artikel/blog yang kita miliki. Bahkan kita bisa mengetahui jumlah pembaca dalam jangka waktu tertentu seperti filter Hari, Minggu, Bulan, dan Tahun.

Untuk mulai silahkan klik Google Analytics, kemudian klik tombol “Sign Up”

Kemudian kamu akan dibawa ke halaman pembuatan akun Analytics, kamu bisa mulai mengisikan data sesuai blog yang kamu miliki.

Setelah itu kamu bisa langsung menekan tombol “Get tracking ID”.

Setelah itu akan muncul pop up untuk menyetujui syarat & ketentuan, centang opsi yang diberikan dan klik tombol “I Accept”

Setelah itu Kamu akan dibawa ke halaman dashboard analytics, salin kode “Tracking ID” nya untuk kita tempel ke pengaturan blogger nantinya.

Setelah itu masuk ke Dashboard pengaturan Others pada Blogger, dan tempel kode Tracking Id yang sudah disalin tadi.

Untuk panduan lengkap bagaimana cara memahami Google Analytics kamu bisa melihat panduannya melalui link ini.

Demikianlah panduan dari saya mengenai cara membuat blog dengan blogger. Semoga artikel yang saya buat ini dapat membantu teman – teman yang ingin memulai membuat blog dengan blogger menjadi lebih mudah. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan segan – segan untuk menulisnya di kolom komentar dibawah ini.

Terimakasih.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *