Blog Saya Diterima Google Adsense dalam waktu 2 bulan

5 min read

Wah, sudah 2 bulan lho sejak saya membuat blog ini pada bulan Desember tahun 2019. Dan alhamdulillah sekarang blog ini sudah diterima Google Adsense hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan dengan 19 artikel yang saya publish saat ini, padahal jika Saya hitung waktu apply adsensenya juga belum genap seminggu tuh. Lalu apa yang saya lakukan sehingga blog ini bisa diterima Google Adsense hanya dalam waktu 2 bulan?

Sebelumnya saya sudah membaca beberapa informasi dari artikel dan forum telegram Adsense Indonesia, yang mengatakan bahwa setidaknya kita harus memiliki blog yang berumur minimal 6 bulan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan ke Google Adsense. Tentu saya tidak percaya begitu saja, karena saya juga pernah membaca beberapa pengalaman blogger yang mengatakan bahwa blog/website mereka diterima dalam kurun waktu 2 bulan.

Saya mendaftarkan Google Adsense pada tanggal 25 Januari 2019, dan saya mendapatkan email balasan bahwa website saya diterima pada tanggal 30 Januari 2019 (Cuma butuh waktu 5 Hari untuk review!!). Sedangkan saya mempublish artikel pertama saya pada tanggal 2 Desember 2018, yang berarti blog saya baru berumur 1 bulan lewat 25 hari saja, untuk Diterima Google Adsense saat itu. Berikut ini cuplikan screenshot dari email balasan Google Adsense.

diterima google adsense

Ketika mendapatkan email ini.. Wah, senangnya bukan main lho! Sangking senangnya, Saya sampai membeli beberapa cemilan dan minuman lalu merayakannya sendiri dikamar haha. Saya senang bukan hanya karena bisa merasakan pengalaman diterima google adsense cuma dalam waktu 2 bulan, tapi ini juga pertama kalinya saya diterima Google Adsense setelah 3 kali bikin blog! waduh..

Dulu saya pernah membuat blog dengan microniche linux, setelah setahun saya membangun blog tersebut dan mendaftarkan Google Adsense, website saya ditolak :), padahal saat itu artikel yang saya buat sudah 90an dan semuanya saya buat original dengan gaya penulisan saya sendiri.

Kalau saja saya menyerah saat itu, mungkin blog ini juga tidak akan pernah ada dan kejadian ini tak pernah terjadi.

Tips Biar Diterima Google Adsense

Ini adalah langkah yang saya lakukan dari awal membuat blog sampai saya diterima Google Adsense yang mungkin juga bisa teman jadikan referensi untuk blognya.

Minimal Buat 1 Draft Artikel dalam sehari

Dulu Saya pernah membaca artikel di sebuah blog yang lumayan terkenal, si penulis menyarankan pembacanya untuk memposting minimal 1 artikel setiap hari. Saya coba mengikuti saran tersebut selama seminggu, hasilnya ? Saya jenuh

Mungkin tidak semua orang bisa, senang atau memiliki kemampuan untuk menulis sehari minimal 1 artikel. Mungkin kalian memiliki karakter yang sama dengan saya?

Saya adalah seseorang dengan karakter yang gampang jenuh, tidak heran jika aktivitas tersebut sukses membuat saya jenuh. Saya juga tidak akan menyepelekan rasa jenuh saya, soalnya saya pernah merasakan jenuh yang membuat saya malas membuat artikel selama seminggu, bahkan pernah sampai 2 bulan (adegan berbahaya jangan ditiru).

Untuk itu, saya berinisiatif setidaknya dalam sehari saya harus membuat 5 draft postingan. Menurut Saya ini lebih mudah, hal ini konsisten saya lakukan setiap hari sehingga saya lebih mudah memilih judul yang ingin diselesaikan dan Saya posting dikemudian hari.

Setelah melakukan rutinitas tersebut selama sebulan, Saya merasakan adanya manfaat seperti…

  • Tidak pernah kehabisan ide untuk membuat artikel karena saya selalu membuat setidaknya 1 draft artikel setiap harinya
  • Bikin artikel jadi lebih mudah karena tinggal memilih judul dari draft yang sudah ada, jadi tinggal saya lanjutin saja sisanya.

Menggunakan template wordpress yang responsive dan cepat

Sudah banyak diluar sana yang menyediakan template gratis yang memiliki desain cukup bagus, tetapi selama itu merupakan template yang gratis. Kamu hanya diberikan fitur yang minim, untuk itulah saya memutuskan untuk membeli template superfast yang saya gunakan pada website saya sekarang ini.

Semua website pastinya memiliki desain yang berbeda, tetapi website yang sukses pasti memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki desain yang unik, responsive, serta memiliki loading yang cepat .

Bayangkan jika kamu memasuki situs yang loading-nya lambat serta tidak responsive? apakah kamu mau mengunjungi halaman lain dari situs tersebut? jika kamu tidak sudi, begitu pula dengan Google.

Kesempatan untuk diterima google adsense akan semakin tinggi jika website kamu memiliki desain website yang bagus serta loading yang cepat.

Membuat Konten Yang Menarik Dan Mudah Dipahami

Membuat konten memang tidak semudah membuat draft judul, untuk itu banyak blogger yang menyewa content writer untuk menuliskan artikel di websitenya. Bagi seorang pemula yang baru terjun ke dunia blogging sangat tidak direkomendasikan untuk menyewa seorang penulis, apalagi jika kamu belum begitu paham konsep menghasilkan uang dalam blogging.

Sebab itu Saya belajar secara otodidak bagaimana cara menulis yang baik dan benar biar mudah dipahami pengunjung blog Saya. Belajar bagaimana cara menulis juga tidak terlalu susah, minimal sisakan waktu kita selama 10 menit dalam sehari untuk membaca artikel di website manapun yang memiliki kredibilitas, hal tersebut juga akan mengasah kemampuan berpikir kamu selain mengasah kemampuan menulis.

Jika sudah terbiasa membaca, otomatis kamu akan mendapatkan mindset bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Setelah itu, yang perlu kamu lakukan yaitu terus belajar, terus menulis dan ciptakan konten yang menarik.

Oh iya, pastikan artikel yang kamu buat melebihi 300 kata 🙂

Ciptakan Konten Yang Orisinil

Dari apa yang saya pahami, banyak orang yang melakukan copy paste artikel orang lain agar lebih cepat memiliki artikel yang banyak. Hal ini sebenarnya percuma saja Kamu lakukan, bahkan jika situs yang Kamu miliki berhasil memasuki halaman 1 google karena menjiplak, keadaan itu tak akan membuat websitemu bertahan lebih lama dan memiliki resiko lebih besar untuk dibanned oleh Google.

Google sangat membenci situs plagiat, untuk itu buanglah jauh-jauh pemikiran untuk menjiplak artikel orang lain dan menaruhnya di situsmu.

Tidak hanya tulisan saja, bahkan jika kamu menggunakan konten berupa gambar, dan video milik orang lain tanpa meminta ijin dari pemilik konten tersebut, website yang kamu miliki bisa diberikan penalti oleh google, akibatnya website kamu tidak akan pernah tampil lagi di halaman satu.

Cobalah untuk tidak mengambil gambar sembarangan dari google, dan pastikan gambar yang kamu download itu memiliki keterangan bisa digunakan ulang atau modifikasi untuk keperluan komersil. Ada banyak situs penyedia gambar gratis yang bisa kamu gunakan pada artikel website kamu, contohnya Pexel, Unsplash, dll.

Penutup

Sekianlah mengenai pengalaman Saya diterima google adsense hanya dalam waktu 2 bulan, semoga apa yang Saya tulis dapat membantu teman-teman pejuang Adsense lainnya bisa segera diterima juga.

Salam.

Bagikan Artikel :

Gravatar Image
Linux & Digital Marketing Enthusiast. Memiliki hobi untuk berbagi informasi dan wawasan melalui tulisan sederhana.

4 comments

      1. terimakasih gan, akan saya coba cara agan. dengan menggunakan themes ini.
        saya juga ini lagi mengajukan add site blog. tapi sudah 3 kali di tolak terus.

        1. Sama sama mas, btw template hanya salah satu dari sekian parameter diterimanya adsense oleh google mas. Good luck 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *