google site kit cover

Google Site Kit: Sebuah Insights Plugin Yang Lengkap Untuk WordPress

Posted on

Pada awal bulan desember lalu tepatnya pada tanggal 7 Desember 2018. Google memposting tentang Google Site Kit pada akun twitter Google Webmaster. Mereka menjelaskan bahwa plugin yang mereka buat untuk platform wordpress tersebut akan menyertakan fitur Insight dari Analytics, Adsense, Search Console, dan Pagespeed.

Wah, bagaikan angin segar bagi seseorang yang tidak mau memasang plugin terlalu banyak diwebsitenya. Saya sendiri sampai saat ini belum memasang plugin Analytics (kecuali scriptnya).

Bagi saya jika ingin melihat insight analytics maka saya hanya perlu mengunjungi situs analyticsnya sendiri. karena saya berfikir bahwa plugin analytics yang menyertakan Insight kedalam dashboard hanya akan menurunkan performa website.

Google Site Kit, adalah plugin insight yang menyertakan beberapa produk sekaligus seperti Google seperti Analytics, Search Console, dan Pagespeed yang didesign khusus untuk platform WordPress. Tetapi buat kamu yang menggunakan CMS lain / kustom yang menggunakan PHP tetap bisa mengintegrasikannya secara manual karena plugin ini akan di launch dengan kode sumber terbuka.

Insight seperti apa saja yang akan diberikan oleh plugin ini ?

  • Search Console, menampilan insight seberapa banyak orang yang melihat websitemu pada pencarian google.
  • Analytics, melihat bagaimana orang melakukan aktivitas apa saja pada websitemu.
  • Adsense, selalu tahu berapa banyak pendapatan yang website kamu hasilkan.
  • Pagespeed, melihat bagaimana performa websitemu dibandingkan dengan situs lainnya.

Dengan adanya plugin Google Site Kit ini setidaknya kita dapat lebih mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan Insight dari website. Setidaknya saya tidak perlu membuka satu persatu website yang menjadi fitur tersebut dan menghabiskan waktu disana.

Saya sendiri masih belum tahu bagaimana pengaruh plugin Google Site Kit terhadap performa website karena saya juga belum mencobanya. Jika kamu tertarik mencoba plugin versi beta ini, kamu bisa mengunjungi halaman ini. Setelah plugin Google Site Kit versi beta ini telah siap, maka kamu akan segera di email oleh google dan dapat mencoba plugin ini segera.

daftar google site kit

Mungkin ini saja yang dapat saya beritahukan kepadamu, jika plugin tersebut sudah keluar. Segera akan saya buatkan artikel ulasan tentang plugin ini, jadi jangan lupa untuk daftarkan email kamu untuk mendapatkan newsletter pemberitahuan artikel terbaru 🙂

Salam.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *