Ini Cara saya meningkatkan Open Rate Email marketing

Posted on

Saya dulu juga pernah mengalami open rate yang rendah pada email marketing. Hampir 2 bulan saya berkutat dengan masalah tersebut, tapi open rate tetap rendah, saya tidak mau ini juga terjadi pada kamu. Untuk itu saya membuat panduan bagaimana saya meningkatkan open rate email marketing.

Hal ini sebenarnya sama seperti dikehidupan kita sehari – hari, saat kita ingin makan kelontong lalu pergi kepasar, kita menjumpai 2 kedai kelontong, dilihat dari seberang kedai pertama memiliki tempat yang sangat bersih, sedangkan yang satunya lagi biasa saja. Kira – kira kedai mana yang akan kamu datangi terlebih dahulu ? tentu kita akan sependapat untuk mengunjungi tempat yang pertama dong.

Buatlah kesan yang baik pada email marketing pertama kamu

Beberapa orang melakukan kesalahaan saat tidak memperdulikan seberapa pentingnya kesan pertama pada email marketing. Sama seperti saat kita ingin melakukan kencan dengan gebetan, kita akan menjadi versi terbaik diri kita untuk membuat gebetan kita tertarik untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Dengan membuat kesan pertama yang baik, email marketing yang kamu buat setelahnya, cenderung akan memiliki open rate yang lebih tinggi. Konteks kesan pertama yang baik itu “Fokus kepada solusi apa yang akan didapat terhadap masalah yang dimiliki pelanggan kamu”.

Subject Email harus menarik

Kenapa subject Email harus menarik ?

Subject email itu seperti cover pada sebuah buku, dari sekian banyak buku yang terpajang, Cover yang memiliki judul dan design menarik akan membuat kita berhenti dan membuat kita ingin mengetahui apa isi didalamnya.

Lalu, seperti apa subject email yang menarik itu ? Untuk membuat subject yang menarik kamu harus mengetahui apa itu copywriting. Sederhananya, copywriting adalah teknik untuk membuat tulisan kita dibaca oleh pembaca dan membuat mereka melakukan sebuah aksi seperti membeli, mendaftar, dan lain – lain terkait dengan produk yang kita tawarkan.

Kirim Email kepada Penerima yang tersesuaikan

Mengirim pesan ke seluruh daftar email yang kita miliki adalah sebuah kesalahan yang harus dihindari, kecuali jika pesan yang dikirim berupa informasi umum yang memang harus diketahui oleh seluruh subscriber email yang kamu miliki.

Alasannya, karena tidak semua orang didalam daftar email memiliki ketertarikan yang sama akan suatu hal. Sederhananya, misalkan pesan yang ingin kamu kirim itu berupa promosi produk wanita, ya kamu harus mengecualikan subscriber kamu yang berjenis kelamin pria didalam pesan yang akan kamu kirimkan.

Mengirim pesan Email ke penerima yang tersesuaikan sangat ampuh untuk meningkatkan Open rate email marketing.

Sekian dari saya mengenai cara saya untuk meningkatkan open rate pada email marketing. Semoga artikel yang saya buat berguna bagi teman sekalian

Terima kasih.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *