Jenuh Menulis Artikel Blog ? Hindari kebiasaan buruk ini

Posted on 3 min read

Tidak hanya membangun sebuah hubungan manusia saja yang bisa memberikan rasa kejenuhan, dalam membangun sebuah blog atau website, semua orang pasti pernah merasa jenuh menulis. Kejenuhan ini umumnya sering menimpa para blogger yang masih baru didalam dunia blog ini.

Jenuh menulis artikel kerap kali disebabkan oleh faktor eksternal, seperti rutinitas pekerjaan, sekolah, lingkungan, dll. Untuk itu sebenarnya kita dituntut untuk bisa membagi dan memanagemen waktu sehingga semuanya terkonsep dan tidak membuat jenuh menulis.

Berikut beberapa diantaranya yang harus kamu hindari biar tidak gampang Jenuh Menulis

Tidak membuat draft judul/topik

Membuat draft judul itu sangatlah penting apalagi jika muncul ide secara tiba-tiba, biar tidak lupa dengan ide tersebut kamu harus memindahkan ide tersebut kedalam sebuah draft. Tidak perlu diselesaikan hari itu juga, kamu bisa menyelesaikan draft tersebut saat kamu memiliki waktu luang.

Kemudian, dengan membuat draft dapat membantu kamu mempermudah dalam membuat konten artikel. Buat saja draft artikel sebanyak – banyaknya yang kamu mau, sehingga kamu bisa memilih draft judul apa saja yang ingin kamu bahas pada artikel tersebut dikemudian hari.

Terlalu Memaksakan Diri

Membuat artikel secara rutin memang disarankan agar website yang kamu bangun lebih cepat mendapatkan trafik, tetapi jika kamu terlalu memaksakan diri kamu sendiri dengan membuat artikel terus menerus malah akan membuat kamu menjadi gampang jenuh.

Cobalah untuk membagi waktu tetapi tetap konsisten dalam menulis artikel. Selain itu kamu juga perlu menghindari menulis artikel saat kamu sedang melakukan tugas dikantor, biasanya seseorang yang memaksakan untuk menulis artikel dikantor adalah seseorang yang memang sudah tidak betah lagi dikantor 😀

Terlalu Fokus Kepada Keberhasilan Daripada Proses

Kebanyakan orang akan terjebak saat melihat postingan tentang keberhasilan orang lain dalam membangun website di social media. Melihat betapa banyaknya penghasilan yang orang dapatkan dari websitenya memang akan membuat seseorang yang baru memulai membangun website menjadi terpacu untuk menulis artikel. Tetapi kamu perlu berhati – hati agar tidak terjebak pada pemikiran cepat berhasil.

Yang perlu kita ketahui adalah bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja secara cepat tanpa melalui proses yang melelahkan dan waktu yang lumayan lama.

Terobsesi Kepada Uang

Dulu, seseorang menulis karena memang ingin menulis untuk melepaskan kepenatan dalam kehidupan sehari – hari, yang penting websitenya bisa masuk halaman utama dan dikenal banyak orang. Sehingga blogger jadul (atau dengan mindset jadul), hanya peduli kepada keresahan atau pemikiran yang ingin ia tuangkan kedalam bentuk tulisan.

Saat google adsense mulai mendukung bahasa indonesia ditahun 2012 (sebelumnya google adsense hanya mendukung blog berbahasa inggris). Banyak blogger yang bahagia karena bisa mendapatkan penghasilan hobi menulisnya itu.

Tetapi…

Sekarang sudah berbeda, seseorang tertarik membangun blog bukan karena memang tertarik untuk menuangkan isi pemikiran atau keresahan, tetapi semata – mata karena ingin mendapatkan uang yang banyak. Sebenarnya hal ini tidak terlalu menjadi masalah, tetapi jangan jadikan hal ini menjadi patokan atau semangat utama dalam membangun blog.

Alasannya karena untuk menghasilkan uang dari membangun website untuk seseorang yang baru ingin memulai memang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Hal ini lah yang sering membuat para pemula yang ingin mulai membangun website berhenti ditengah jalan.

Kesimpulan Agar Tidak Jenuh Menulis

Mengalami kejenuhan saat menulis blog tanda bahwa tujuan kamu membuat blog bukanlah untuk melepas penat atas keresahan dan isi pemikiran kedalam bentuk tulisan. Untuk itu cobalah lebih menghargai proses dan tidak menunggu keberhasilan, karena keberhasilan akan datang dengan sendirinya.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *