email marketing

Kenapa Email Marketing Masih Penting Digunakan?

Posted on

Apa sih Email Marketing itu ? Gampangnya, Email Marketing adalah tindakan ketika kamu memiliki sekumpulan email dari pengunjung website yang mengisi form, dan kamu memanfaatkan daftar email tersebut untuk berjualan atau mempromosikan produk yang kamu tawarkan.

Sampai saat ini, Email Marketing sendiri masih menjadi alat yang paling ampuh untuk mendorong penjualan, jika dibandingkan dengan metode lainnya seperti telepon marketing, sms marketing, dll.

Bagaimana Cara Kerja Email Marketing

Untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya, terlebih dahulu kamu harus mengetahui tentang bagaimana kamu bisa membangun daftar email (list building). Karena tanpa itu, email marketing tidak akan bisa dijalankan. Layaknya seperti kendaraan tanpa tenaga, tenaga yang dibutuhkan kendaraan adalah bensin/listrik agar bisa digunakan.

Email Marketing bisa kita analogikan sebagai kendaraan, walaupun Kamu mengerti cara mengendarainya (mengerti marketing), tapi kalau tak punya bensin (daftar email), kendaraan Kamu tak akan pernah bisa jalan (email marketing).

Ada 2 hal mendasar yang perlu Kamu ketahui saat ingin membangun sebuah daftar email untuk Email Marketing Kamu :

  • Pertama, Apa yang membuat mereka “mau” mengisi email mereka ?
  • Kedua, Apa keuntungan yang mereka dapatkan setelah mendaftarkan emailnya ?

Apa yang membuat seseorang mau memberikan email mereka?

Suatu ketika Kamu mencari panduan cepat untuk belajar bahasa inggris, di halaman Utama, ketemulah sebuah website yang menjelaskan konsep dasar untuk Belajar Bahasa Inggris. Setelah selesai membaca, Kamu ingin menutup jendela browser dan seketika muncul Pop Up pengisian email dengan headline..

“Paham Bahasa Inggris Dalam 7 Hari”

Kemudian bandingkan dengan Headline ini…

“Meluangkan waktu 7 Hari dengan Ebook ini, Buat kamu tak memerlukan subtitle saat nonton film berbahasa inggris”

kira – kira mana persentase pengisian email yang lebih besar antara Headline pertama dengan yang kedua ? tentu saja yang kedua.

Alasannya..

Headline kedua memiliki hasrat seseorang untuk “Tak memerlukan subtitle saat nonton film berbahasa inggris” yang membuat waktu 7 hari seolah – olah menjadi lebih cepat. Dengan menyertakan hasrat kedalam sebuah Headline, membuat seseorang memiliki keinginan untuk melakukan “aksi” yang kamu kehendaki.

Apa keuntungan yang mereka dapatkan setelah mendaftarkan emailnya ?

Ebook yang saya bahas sebagai contoh pada poin pertama bukanlah produk yang seharusnya kamu berikan kepada customer. Bisa dianggap, itu hanya sebagai hidangan pembuka saja, dan menu utamanya akan dihidangkan setelahnya.

Teknik seperti ini memang sudah umum dilakukan para pebisnis. Awal – awal mendaftar, pelanggan biasanya akan diberikan webinar atau ebook “gratis” kemudian baru mereka mulai melakukan penjualan untuk produk utamanya.

Yang perlu diingat..

Pentingnya Hidangan Pembuka

Hidangan pembuka ya harus berlaku layaknya hidangan pembuka, tidak terlalu berat dan memiliki kualitas yang bagus, sehingga membuat seseorang tertarik untuk mencicipi hidangan utama. Jika hidangan pembuka yang disajikan tadi ternyata tidak menarik, mana mungkin seseorang ingin mengeluarkan uang untuk produk utamanya ? ya kan…

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *