link satu halaman

Membuat Link Dalam Satu Halaman WordPress

Posted on 2 min read

Membuat link satu halaman ini mirip seperti table of content atau daftar isi yang sering kita lihat disitus Wikipedia.org. Tapi disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat Table of Content melainkan cara membuat link individual ke sebuah judul dihalaman yang sama.

Untungnya, mulai dari versi WordPress 5.0 yang menggunakan editor Gutenberg pembuatan link satu halaman ini sudah dipermudah, jadi kamu tidak perlu mengganti mode editor menjadi html lagi.

Oh iya, yang belum tahu maksud dari link satu halaman itu seperti ini. Ini judul pertama, ini judul kedua, ini judul ketiga.

Saat kamu klik link tersebut, maka halaman akan lompat ke judul yang dikehendaki. Hal ini akan sangat berguna jika kamu ingin membuat navigasi pada sebuah artikel untuk memudahkan pembaca tanpa perlu scroll lagi.

Jika kamu ingin langsung membaca panduan bagaimana cara membuatnya, langsung klik disini.

Judul Pertama

Teks ini hanyalah contoh, jika kamu melihat ini. silahkan abaikan saja dan balik lagi ke link individual diatas untuk mencoba link berikutnya. balik ke daftar isi

Judul Kedua

Teks ini hanyalah contoh, jika kamu melihat ini. silahkan abaikan saja dan balik lagi ke link individual diatas untuk mencoba link berikutnya.

Judul Ketiga

Teks ini hanyalah contoh, jika kamu melihat ini. silahkan abaikan saja dan balik lagi ke link individual diatas untuk mencoba link berikutnya.

Pertama, cara ini hanya ada di editor Gutenberg. Jadi jika kamu menggunakan editor Classic silahkan migrasi ke Gutenberg sekarang juga.

Kedua, untuk membuat linknya. Kamu harus menuliskan minimal satu judul yang akan diarahkan dengan link tersebut. Caranya dengan klik tanda “+” untuk membuat block judul.

Setelah block judul terbuat, klik judul untuk mengaktifkan opsi panel kanan. Lalu pada panel “Block” disebelah kanan. Klik “Advance”. Maka akan muncul opsi pengaturan anchor link untuk judul seperti ini

Nah kemudian pada bagian “HTML Anchor”, isikan tanda pengenal (identifier) yang nantinya akan digunakan untuk membuat link ke judul tersebut.

Setelah tanda pengenal pada judul terbuat, pilih Call to Action yang diinginkan untuk dibuat menjadi sebuah link. Contohnya seperti ini

Setelah itu kamu bisa menyimpan dokumennya, pastikan kamu sudah melihat preview terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mempublish artikel yang ingin kamu implementasikan secara umum.

Salam.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *