mendapatkan uang

Mendapatkan uang dari blog, apa bisa ?

Posted on 3 min read

Jika kamu adalah seseorang yang baru mengenal dunia blogging, tentunya topik uang dan blog akan membuatmu menjadi antusias. Dijaman sekarang ini, segala hal bisa dibuat sebagai ladang untuk menghasilkan uang, tak luput juga dengan Blog. Tapi pertanyaanya, mendapatkan uang dari blog, apa bisa ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan memberi sedikit keterangan bahwa saya tidak akan memberikanmu kabar gembira palsu seperti halnya yang sering orang lakukan demi menaikkan traffik website mereka.

Bisa..

Itu adalah jawaban dari pertanyaan “Apa bisa mendapatkan uang dari blog”. Iya bisa, dan prosesnya tidak semudah seperti kebanyakan yang mereka katakan padamu melalui halaman satu google 😀 .

Bisa mendapatkan uang, tapi butuh waktu dan kesabaran

Mendapatkan uang dari blog ini bener – bener membutuhkan pengorbanan waktu dan mental lho, kalau Anda tidak sabar saat memulainya. Maka jangan heran saat dibulan keempat nanti Anda menjadi jenuh menulis artikel. “tapi pernah lihat blogger yang mampu menghasilkan uang jutaan sampai puluhan juta setelah 2 bulan membuat blog”, jika anda percaya dengan statement tersebut maka selamat anda telah diperdaya.

Untuk seorang blogger pemula dan awam serta tidak memiliki bekal sama sekali tentang dunia blog, setidaknya butuh waktu 6 bulan untuk dapat merasakan keputusasaan dalam membangun sebuah blog. Karena untuk benar – benar mengerti dan paham tentang blog butuh waktu minimal 1 tahun. Dan kemudian dapat menghasilkan uang 1 tahun setelahnya.

6 Bulan pertama, adalah waktu yang cukup untuk belajar dari kegagalan dan saatnya fokus belajar dari kegagalan daripada fokus dengan keberhasilan orang lain.

(Diterima Adsense ≠ Kaya) & (Ditolak Adsense ≠ Miskin)

Saya sering sekali menjumpai seseorang yang sangat berbahagia setelah diterima google adsense oleh google, padahal perjuangannya belum berhenti sampai disitu. Banyak yang sudah diterima adsense, tetapi penghasilan keluar 6 bulan sekali bahkan sudah bertahun – tahun tetapi tidak payout juga dari adsense.

Dan tidak sedikit pula yang saya perhatikan mulai tidak bersemangat saat website mereka belum diterima/ditolak adsense.

Disini saya ingin menjelaskan bahwa keterima atau tidak diterimanya website kita oleh google adsense atau pihak program periklanan lainnya. Bukan berarti Anda berhenti disitu atau malah berjalan ditempat.

Lupakan semua screenshot blogger lain di forum – forum yang sudah menghasilkan jutaan, puluhan, bahkan ratusan juta rupiah dari blog. Karena faktanya hasil tersebut tidak mereka dapatkan hanya dalam waktu 2 – 3 bulan saja.

Bahkan hal yang pasti mereka sarankan jika ada pemula yang bertanya “Wah, bagaimana bisa mendapatkan uang sebanyak itu ?”, toh mereka akan selalu menjawabnya dengan “Konsisten, dan terus belajar dari kesalahan”.

Memang benar adanya, tidak ada yang lain..

Content is a King, and Traffic is a Queen

Dua hal tersebut tidak akan pernah dipisahkan, konten akan selalu menjadi hal utama yang mendatangkan traffic kepada website yang kamu miliki. Sedangkan traffic adalah jalan yang membuat blog kamu menjadi terus berkembang menjadi besar.

Dengan begitu, mari tarik nafas dalam dalam dan hembuskan nafas secara perlahan sambil melupakan segala hal tentang “Buat ribuan artikel dalam sekejap“, “Datangkan traffic dalam sekejap“.

“Karena hal yang datang dalam sekejap, akan pergi dengan sekejap pula”

ariestwn.com

Segala hal butuh proses, termasuk membuat konten yang berkualitas. Cobalah rajin – rajin membaca situs blog populer sesuai niche yang anda miliki dan coba pahami setiap kata serta kalimat yang mereka gunakan. Semua konten yang berkualitas selalu memiliki karakteristik yang sama yaitu :

  • Memiliki analisa yang tepat & kredibel
  • Penulisan yang original
  • Pemecahan masalah / buah pemikiran

Tentunya 3 poin tersebut tidak akan bisa anda buat dalam waktu “sekejap”, setiap kalimat yang kamu tuliskan harus didasarkan pemikiran dan analisa yang matang.

Bagi seseorang yang sudah memiliki passion dalam menulis dan ingin memulai menerbitkan tulisannya pada platform blogging, 3 poin diatas memang sangat mudah. Untuk itu bagi seorang awam, sabar, konsisten dan tetap belajar harus selalu dilakukan untuk bisa sukses dalam blogging.

Salam.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *