backup website sangat penting

Mengapa Backup Website Sangat Penting

Posted on 3 min read

Backup website menjadi sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dulu saya pernah memiliki website, dan saya tidak perduli dengan membackup website walau sebenarnya saya tahu betapa pentingnya backup website. Waktu itu alasan saya untuk tidak membackup website cuma satu yaitu karena saya tidak peduli dengan website saya dan saya menyesali itu!

Saya salah mengira bahwa backup website hanya untuk situs-situs yang memiliki trafik besar saja, padahal website yang trafiknya masih biasa saja pun perlu dibackup apalagi jika konten/artikel yang kita tulis di Website tersebut terbilang banyak.

Backup website tanda keseriusan dalam membangun website

Saya menyadari bahwa keseriusan dalam membangun website tidak hanya dinilai dari seringnya kita membuat konten/artikel pada website. Melainkan juga dari hal seperti merawat website dengan membackupnya secara berkala.

Don’t put all eggs in one basket

Sementang website sudah dibackup di local computer/harddisk, lantas kita tidak menyimpannya ditempat lain seperti Google Drive/Dropbox. Hal itu sangat beresiko jika dikemudian hari file backup website kita terhapus, maka dari itu kita perlu menyimpan file backup di tempat lain (lebih banyak lebih bagus walau sedikit merepotkan).

Backup website menghindari berbagai macam kesalahan

Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat membangun website biasanya karena salah saat mengedit template wordpress, plugin. Selain dari kesalahan yang kita buat sendiri, masalah juga bisa terjadi saat kita menginstal template, plugin yang tidak kompatibel dengan website sehingga membuat website menjadi error.

Hal seperti itu paling gampang dikembalikan dengan cara merestore website dengan file website yang sebelumnya sudah dibackup, jika saja kita tidak melakukan backup. Untuk mengembalikan website seperti keadaan semula, kita dipaksa memperbaiki secara manual dan itu akan memakan waktu yang lebih lama.

Bahkan..

Saat mengupdate WordPress versi major (update besar-besaran), wordpress merekomendasikan kita untuk membackup website kita terlebih dahulu untuk menghindari masalah yang kemungkinan bisa muncul kapan saja.

Backup website mempermudah dalam migrasi website ke hosting berbeda

Seperti yang saya singgung di awal paragraf, saya menyesal kenapa dulu tidak sering melakukan backup pada website saya. Dulu saya pernah memiliki website yang juga dihost menggunakan vultr sama seperti website saya sekarang.

Saat itu saya menggunakan fitur 2 Factor Authentication menggunakan google authenticator, masalahnya timbul saat smartphone saya error dan harus di flash ulang. Namanya juga sial, saat itu website saya statusnya lagi masa pembayaran, dan alhasil website tidak bisa dikunjungi dan saya tidak bisa melakukan backup data 😭😭

Jika saja website sudah dibackup terlebih dahulu, setelah masalah apapun terjadi. Kita jadi lebih mudah dalam melakukan migrasi ke hosting lain, ataupun droplet (istilah untuk deploy server baru pada penyedia vps).

Nah harapannya dengan menulis artikel ini, kamu lebih mengerti alasan mengapa backup website sangat penting.

Terimakasih,
Ariestwn.com

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *