plugin ad inserter

Menggunakan Plugin Ad Inserter pada WordPress

3 min read

Bagi yang belum mengetahui plugin Ad Inserter, plugin ini berfungsi untuk menempatkan slot iklan pada website atau blog yang menggunakan wordpress. Sama halnya seperti saya sendiri yang awalnya juga sangat bingung untuk menggunakan plugin ini, alasannya karena pengaturannya terlihat sangat kompleks.

Tapi jujur plugin ini menurut saya sangat bagus untuk digunakan karena dengan fitur yang kompleks tentunya akan semakin leluasa untuk kita menaruh atau menempatkan slot iklan sesuai yang kita inginkan.

Berikut ini beberapa cara menempatkan iklan menggunakan plugin Ad Inserter yang umumnya digunakan oleh banyak orang ya termasuk saya sendiri.

Menempatkan Iklan di dalam Artikel WordPress

inArticle ini merupakan slot iklan yang letaknya berada di tengah paragraf pada sebuah artikel. Letak slot iklannya juga bisa diatur dengan mudah apakah diletakkan setelah paragraf 3 atau lebih, cara konfigurasinya tinggal pilih opsi insertion pada block / slot iklan di Ad Inserter kemudian pilih after paragraph seperti pada gambar dibawah ini

plugin ad inserter

Jika Kamu ingin menambahkan jenis slot iklan inArticle lebih dari 1 di setiap artikel, tinggal copy block saja slot iklannya dan ganti nilai after paragraph menjadi 4 atau seterusnya, dengan catatan kalian juga harus memberikan pengecualian untuk slot ini “jika artikel memiliki minimal 5 hingga 20 paragraf.

plugin ad inserter

Menempatkan Iklan inFeed dengan plugin Ad Inserter

Buat yang tidak mengetahui seperti apa itu iklan inFeed, iklan tersebut adalah jenis iklan yang disediakan oleh Google Adsense untuk menyesuaikan konten iklan dengan daftar artikel pada sebuah website atau blog. Contohnya seperti ini

Iklan inFeed memang sudah dirancang sedemikian rupa oleh Google Adsense agar lebih menyatu dengan tampilan daftar artikel sebuah blog. Untuk cara konfigurasinya tinggal pilih opsi insertion pada Ad Inserter kemudian pilih Between Post, tapi pastikan terlebih dahulu kalian sudah mendapatkan kode InFeed pada Google Adsense.

plugin ad inserter

Pada pengaturan diatas Kamu bebas menentukan apakah iklannya ingin ditampilkan antara post 2 atau lebih.

Menempatkan Iklan pada widget sidebar WordPress

Penempatan slot iklan yang ini juga tidak kalah populer, karena memang memiliki CTR yang bagus pada sebuah blog atau website. Untuk cara yang ini pengaturannya juga cukup simpel, Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur manual kemudian centah widget seperti gambar ini

plugin ad inserter

Setelah itu, jangan lupa untuk menambahkan Widget plugin Ad Inserter, dan pilih block atau slot tempat menaruh kode iklan yang Kamu atur tadi.

plugin ad inserter

Pada widget tersebut juga tersedia opsi untuk membuat slot iklan mengambang atau sticky. Tapi kamu juga harus hati-hati, karena tipe iklan floating/sticky ini tidak disukai Google, bisa-bisa CPC kamu bisa dikurangi lho hehe.

Tidak Hanya Iklan Adsense

Nah ini dia yang saya sukai, plugin Ad Inserter ini tidak hanya berlaku untuk jenis iklan saja. Tapi bisa juga digunakan sebagai alternatif HTML widget, kamu bisa memanfaatkan semua tipe kode HTML yang biasa digunakan untuk widget seperti form email, custom images ads, dan lainnya dengan memanfaatkan segudang fitur insertion pada plugin Ad Inserter ini.

Kesimpulannya

Plugin ini menurut saya merupakan plugin penempatan iklan terbaik di kelasnya dengan segudang fitur untuk versi gratis. Walaupun begitu, menempatkan banyak slot iklan pada sebuah website akan memperlambat loading website dan menurunkan pengalaman pengguna, nah untuk itu menurut saya lebih baik jika menempatkan iklan sewajarnya saja.

Jika ada pertanyaan terkait artikel ini silahkan tulis di kolom komentar.

Gravatar Image
Linux & Digital Marketing Enthusiast. Memiliki hobi untuk berbagi informasi dan wawasan melalui tulisan sederhana.

2 comments

  1. Selamat siang Bang Arie,
    saya ingin menayakan cara membuat ads sticky yang biasanya muncul di bottom tapi bisa di close.

    Apakah ada tutorialnya, maaf saya masih newbie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *