menurunnya pengunjung

Ketahui penyebab menurunnya pengunjung pada website

Posted on 3 min read

Anggaplah kamu sebagai seseorang blogger yang sudah mengurus websitenya selama 7 tahun. Selama bertahun – tahun lamanya kamu bersabar mengurus website sampai pengunjung yang semakin lama semakin bertambah banyak, dan tiba – tiba saja setelah kamu bangun dari tidur malam yang panjang, kamu mendapati menurunnya pengunjung pada website kamu secara signifikan…

Mungkin perumpaan diatas cukup lebay dengan pernyataan menurunnya pengunjung dalam semalam. Tetapi jika dikenyataannya website yang kita urus semakin hari benar – benar menurun total pengunjungnya, tentu akan membuat kamu kebingungan jika tidak mengetahui penyebabnya.

Untuk itu, disini saya akan merangkum beberapa penyebab menurunnya pengunjung pada sebuah website.

Kecepatan situs yang lambat karena tidak dirawat

Apa sih parameter yang membuat loading website disebut lambat ? Jadi menurut google sendiri, situs yang lambat adalah situs yang memiliki loading website lebih dari 5 detik. Mulai dari 5 detik kebawah, google menganggap kecepatan tersebut masih dimaklumi.

Loading website yang lambat akan berpengaruh kepada menurunnya pengunjung website. Bayangkan saja jika dipagi hari anda bangun tidur mendapati rambut rontok yang lumayan banyak, anda merasa cemas dan mencari tahu penyebab dan solusinya melalui google. Tetapi saat anda membuka salah satu situs, situs tersebut tidak kunjung terbuka halamannya dikarenakan situs yang lambat. Alhasil anda akan langsung menutup website tersebut dan membuka situs lain yang lebih cepat dong.

Pastikan Anda mengetahui penyebab terjadinya penurunan pada kecepatan loading website anda dan segera memperbaikinya. Masalah terjadinya penurunan kecepatan pada website biasanya terjadi karena :

  • Template yang sudah lama tidak diupdate
  • Plugin yang sudah lama tidak diupdate
  • VPS yang tidak diupdate sistemnya (jika menggunakan vps)
  • Menurunnya performa pada hosting (solusi ganti hosting)

Konten yang sudah tidak relevan dengan perkembangan jaman

Jika anda memiliki banyak website dengan konten yang berkaitan dengan waktu dan versi pada sebuah sistem. Biasanya konten tersebut hanya akan berlaku pada waktu/kondisi tertentu saja. Misalnya anda banyak membahas tentang konten Windows XP, karena perkembangan jaman yang cepat, konten tersebut lambat laun akan berkurang pengunjungnya karena banyak orang yang sudah tidak menggunakan Windows XP lagi.

Solusi untuk hal ini yaitu cobalah untuk selalu mengupdate konten yang relevan dengan perubahan jaman.

Tampilan Website yang tidak nyaman

Selain kecepatan website, hal lain yang mempengaruhi kenyamanan dalam pengalaman browsing adalah tempilan pada website tersebut. Walaupun konten Anda lebih bagus dari website yang lainnya, jika tampilan website anda sungguh tidak membuat nyaman, seperti kesalahan memadukan warna font dengan background, serta kesalahan menaruh space iklan akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung dalam membaca.

Sehingga, biasanya pengunjung hanya akan membaca sekali saja dan tidak akan pernah kembali atau lebih memilih membaca konten serupa pada website lain yang memiliki tampilan lebih nyaman.

Cobalah cari template yang warnanya cocok untuk niche website anda dan tidak terlalu kontras. Selain itu coba pelajari pola penempatan iklan pada website yang lain, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan pengunjung dalam membaca.

Sudah tidak pernah publish artikel baru

Dulu banyak sekali blogger yang sebenarnya sangat disenangi oleh pembacanya, namun kesibukan yang sebenarnya tidak benar – benar menyibukkan diri membuat blogger tersebut malas untuk uploa/publish artikel terbaru.

Hal tersebut justru akan membuat pembaca anda yang tidak terlalu setia, akhirnya benar – benar meninggalkan website anda dan tidak pernah kembali lagi.

Solusinya adalah coba untuk membuat beberapa draft judul sebelum anda benar – benar sibuk dengan dunia anda. Sehingga saat anda kembali dari kesibukan, anda tidak bingung saat membuka website. Draft yang sebelumnya sudah anda buat akan membantu anda untuk mengerjakan draft mana dulu yang harus anda selesaikan.

Itulah hal yang menurut saya mempengaruhi dalam menurunnya pengunjung pada website. Semoga informasi ini berguna untuk anda pembaca setia ariestwn.

Salam.

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *