Cara Menyembunyikan Link Affiliate Tanpa Plugin

Posted on

Link affiliate (afiliasi) adalah link unik yang diberikan oleh penyedia affiliate kepada affiliate marketer. Sedangkan fungsi menyembunyikan link affiliate adalah untuk mempermudah dalam managemen link affiliate.

Jika seseorang melakukan aksi setelah mengunjungi link affiliate milik affiliate marketer tersebut, maka si affiliate marketer ini akan mendapatkan komisi dari penyedia affiliate karena telah membuat seseorang melakukan aksi (aksi tersebut bisa berupa pembelian, dll).

Komisi yang diberikan oleh penyedia affiliate ini tidak tentu, tergantung keuntungan yang didapat dari produknya. Contohnya Wix membuat program affiliate, dan jika seseorang melakukan pembelian/signup premium dengan layanan mereka, maka si affiliate marketer ini akan mendapatkan komisi $100 dari Wix.

Nah masalah terjadi setelah seorang affiliate marketer menaruh link affiliate di websitenya. Biasanya link affiliate terlalu panjang, susah untuk mengingat link affiliatenya, dan sebagainya.

Selain itu, memasang link affiliate mentah-mentah ke situs kita sendiri juga sangat merugikan, hal itu sama saja seperti memberi backlink gratis ke penyedia affiliate. Walau kita sudah memberi keterangan “nofollow” pada link affiliate tersebut juga tetap aja percuma, google akan tetap menganggap itu menjadi backlink dengan keterangan “nofollow”.

Saya sendiri sudah mencoba berbagai macam plugin untuk mengatur beberapa link affiliate milik saya, awalnya saya merasa biasa saja. Tapi kemudian saya merasakan penyedia plugin tersebut malah membebankan performa website saya. Karena yang setiap plugin itu diproses melalui wordpressnya sendiri, bukan diproses langsung melalui server. Untuk itu saya lebih merekomendasikan kamu untuk menggunakan metode menyembunyikan link affiliate untuk meredirect dan mengatur link affiliate kamu biar lebih mudah.

Keuntungan redirect link affiliate melalui server :

  1. Mudah dalam memanagemen link-link affiliate yang tidak sedikit, tidak perlu instal plugin yang bahkan penyedia plugin affiliate management mengharuskan kita membayar untuk mendapatkan fitur redirect link langsung melalui server (kamu bisa dapat fitur ini gratis tanpa pakai plugin apapun!)
  2. Mencegah website kita sebagai penyedia backlink gratis, kalau kamu memasang mentah-mentah link affiliate, penyedia affiliate tersebut otomatis akan mendapatkan backlink gratis dari website kamu.
  3. Link affiliate jadi lebih pendek, karena memang dengan metode ini, maka kita bisa membuat redirect dari link affiliate. Hal ini berguna biar kamu lebih mengingat masing-masing link affiliate yang dimiliki.

Cara menyembunyikan link affiliate

Sebelum kamu membaca tutorial dibawah, pastikan kamu sudah berpengalaman dalam menggunakan cpanel, htaccess, atau Nginx.

1. Buat nama folder sebagai dasar link redirect

Buat nama folder didalam folder website kamu, nama folder ini yang kemudian akan menjadi dasar link redirect kamu. saya sendiri menggunakan nama folder go. Nantinya link akan tampak seperti ini ‘https://domainkamu[dot]com/go/variabelAffiliate’.

Nama foldernya terserah kamu mau buat seperti apa, beberapa plugin management mainstream menamai foldernya dengan go,redirect,r,recommend,dll. Kamu bebas menamainya apa saja asal tidak terlalu panjang 🙂

2. Mulai membuat kode baris untuk redirect

Buat index.php dengan baris dibawah ini didalam folder yang telah kamu buat, dalam contoh disini saya menggunakan folder go.

Baris kode untuk file index.php :

<?php
$id  	= isset( $_GET['id'] ) ? rtrim( trim( $_GET['id'] ), '/' ) : 'default';
$f	= fopen( 'redirect.txt', 'r' );
$urls	= array();
// The file didn't open correctly.
if ( !$f ) {
	echo 'Make sure you create your redirect.txt file and that it\'s readable by the redirect script.';
	die;
} 
// Read the input file and parse it into an array
while( $data = fgetcsv( $f ) ) {
	if ( !isset( $data[0] ) || !isset( $data[1] ) )
		continue;
	
	$key = trim( $data[0] );
	$val = trim( $data[1] );
	$urls[ $key ] = $val;
}
// Check if the given ID is set, if it is, set the URL to that, if not, default
$url = ( isset( $urls[ $id ] ) ) ? $urls[ $id ] : ( isset( $urls[ 'default' ] ) ? $urls[ 'default' ] : false );
if ( $url ) {
	header( "X-Robots-Tag: noindex, nofollow", true );
	header( "Location: " .  $url, 302 );
	die;	
} else {
	echo '<p>Make sure yor redirect.txt file contains a default value, syntax:</p>
	<pre>default,http://example.com</pre>
	<p>Where you should replace example.com with your domain.</p>';
}

Baris kode untuk file redirect.txt :

default,https://ariestwn.com
wordpress,https://wordpress.com/alp/?aff=12117&cid=1440681
wix,http://wixstats.com/?a=25360&c=384&s1=ariestwn
vultr,https://www.vultr.com/?ref=7681314
superfast,http://member.kentooz.com/aff/go/ariestwnblog?i=70
jetpack,https://jetpack.com/redirect/?aff=12117&cid=1345711
idwebhost,https://idwebhost.com/aff/14866
3. Membuat Redirect untuk link affiliate

Nah setelah file tersebut dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat redirect melalui web server kita. Jika kamu menggunakan webserver Apache atau menggunakan Hosting Cpanel, kamu hanya cukup membuat file .htaccess didalam folder redirect yang kamu buat.

baris kode untuk file .htaccess :

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteRule (.*) ./index.php?id=$1 [L]
</IfModule>

Sedangkan, jika kamu menggunakan Nginx. kamu bisa menambahkan baris dibawah ini kedalam server block nginx kamu.

location /go/ {
  rewrite ^/go/(.*)$ /go/index.php?id=$1 last;
}

untuk kamu yang menggunakan Nginx, jangan lupa location dari script diatas disesuaikan dengan nama folder redirect yang kamu buat. Nama folder redirect untuk kasus saya adalah /go

Nah setelah mengikuti tutorial/panduan diatas, kamu sudah bisa mencoba link affiliate kamu secara langsung. Saya penasaran dengan pendapat kamu mengenai menyembunyikan link affiliate ini, ayo tinggalkan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Sumber Referensi :
– https://yoast.com/cloak-affiliate-links/

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *