microphone terbaik

Microphone terbaik untuk memulai youtube & podcast

5 min read

Mencari microphone terbaik untuk memulai youtube & podcast bisa menjadi PR yang sangat rumit. Ini lah yang menyebabkan banyak youtuber atau podcaster selalu mengganti microphone-nya seiring dengan berkembangnya karir youtuber tersebut. Saya sendiri, walau belum bisa disebut sebagai youtuber setidaknya saya sudah pernah mencoba membuat beberapa video panduan voice over di youtube, dan dari pengalaman saya tersebut saya juga sudah mencoba berbagai macam jenis microphone dari yang biasa saja hingga yang lumayan.

Pada dasarnya sebuah video yang bagus itu tidak dinilai hanya dari kualitas videonya saja, salah satu faktor penentunya adalah kualitas audio/suara yang dihasilkan pada video tersebut. Kita bisa mentolerir kualitas video dengan kualitas 144p, tapi tidak dengan video HD yang kualitas suaranya jelek dan brisik. Banyak pemula yang mulai membuat channel youtube dengan modal kamera mirrorless yang terbilang mahal, tapi mereka melupakan komponen yang penting yaitu microphone.

Disini saya ingin membantu kamu menentukan microphone terbaik berdasarkan kebutuhan yang kamu miliki untuk memulai Youtube & Podcast.

Bahan Pertimbangan Saat Membeli Microphone Terbaik

1. Harga

Bahan pertimbangan paling penting dalam membeli microphone tidak lain dan tidak bukan adalah dari segi harga. Apalagi jika baru memulai youtube & podcast, agak terlalu berlebihan rasanya kalau langsung mengucurkan anggaran lebih banyak disisi audio bukan?

Hampir semua youtuber terkenal saat ini juga dulunya memulai karir di youtube dengan microphone murah dan seadanya kok, jadi kamu engga perlu ikut-ikutan youtuber yang sudah terkenal yang merekomendasikan microphone mahal (kecuali uang kamu cukup).

2. Jenis Microphone

Kalau bicara tentang youtube, berarti kamu sudah paham kan bahwa di youtube ada berbagai macam channel seperti : vlogger, diy, voice over, asmr, prank, podcast, dan lain-lainnya. Begitu pula dengan jenis microphone yang ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti

USB Microphone

Microphone ini sangat digemari banyak orang karena kemudahannya yang tinggal plug & play aja udah langsung bisa dipake untuk ngerekam melalui software perekam yang kamu disukai. Jenis microphone ini sangat cocok untuk digunakan bagi kamu yang dekat dengan komputer/laptop. Bisa digunakan untuk membuat berbagai macam video seperti podcast, gaming, tutorial, voice over, dan lainnya.

1. USB Microphone SF-960B

Harga : Rp. 179.000,-Untuk Beli > Klik Disini

Microphone ini merupakan pilihan paling kece dan murah untuk tipe USB Microphone. Kalau di cek disitusnya, harga Rp. 179.000,- sudah termasuk dengan stand mic sehingga kamu tidak perlu repot membeli stand terpisah. Microphone ini memiliki pickup pattern Omni Directional yang berarti microphone ini akan merekam suara dari segala arah. Sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat channel Podcast, Gaming, Tutorial, dll.

2. Fifine K669B

microphone terbaik memulai youtube dan podcast
Harga : Rp. 650.000,-Untuk Beli > Klik Disini

Microphone Fifine K669B ini di fokuskan kepada Kamu yang ingin memulai karir youtube & podcast sedikit lebih serius, hal ini karena memang harga dari microphone ini terbilang sedikit lebih mahal. Tapi microphone Fifine K669B ini hanya memiliki pickup pattern Cardioid, artinya suara yang ditangkap oleh microphone ini hanya dari arah depan saja, sedangkan suara dari bagian belakang akan ditangkap lebih kecil.

Sehingga microphone ini hanya akan cocok bagi kamu yang ingin memulai karir youtube seperti cover music, voice over, tutorial, gaming. Sedangkan jika ingin digunakan untuk Podcast, kamu diharuskan membeli 2 set microphone.

3. Samson Go Mic

microphone terbaik untuk memulai youtube dan podcast
Harga : Rp. 648.000,-Untuk Beli > Klik Disini

Microphone Samson Go Mic adalah salah satu microphone terbaik yang saya gunakan sekarang untuk membuat podcast dan panduan di youtube. Walau harganya terbilang mahal, tapi microphone ini sangat saya rekomendasikan karena bentuknya yang mudah dibawa kemana-mana dan bisa simpan dalam saku. Tidak hanya itu, microphone ini memiliki 2 jenis pickup pattern yaitu Cardioid dan Omni Directional. Jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai Cover Lagu, Podcast, Gaming, Tutorial, Voice Over, dll. Silahkan cek podcast saya disini, untuk mendengarkan kualitas suara yang dihasilkan dari Samson Go Mic.

Lavalier Microphone

Lavalier Microphone adalah jenis microphone klip on atau yang sering digunakan oleh youtuber prank dalam membuat aksi videonya. Fitur dari microphone satu ini adalah bisa digunakan untuk membuat video dengan subject/pembicara yang jaraknya lumayan jauh dari kamera. Selain itu, microphone ini sangat cocok digunakan untuk video seperti Social Experiment, prank, reporter, dll.

1. Boya BY-M1

microphone terbaik memulai youtube & podcast
Harga : Rp. 165.000,-Untuk Beli > Klik Disini

Boya By-M1 ini merupakan microphone lavalier atau klip on terlaris saat ini, microphone ini banyak diburu oleh youtuber pemula ataupun youtuber yang ikut penasaran ingin mereview produk ini karena viral. Microphone ini juga bisa langsung dicolok ke smartphone dan mengganti switch menjadi off/smartphone untuk mengaktifkan mode smartphone. Mic Lavalier ini memliki pickup pattern omni-directional, sehingga akan mengambil suara disegala sisi microphone. Boya BY M1 ini juga memiliki panjang kabel hingga 6 meter, bikin video jarak jauh pun tidak kesulitan.

2. Rode SmartLav+

Harga : Rp. 718.000,-Untuk Beli > Klik Disini

Kalau ngomongin Rode Microphone, sudah pasti soal kualitas tidak perlu dihiraukan lagi. Rode Smartlav+ ini membawa teknologi High-Quality Omni Directional Condenser yang akan menghasilkan kualitas suara lebih baik, Rode Smartlav+ ini juga mendukung untuk berbagai macam jenis smartphone jadi tinggal plug & play aja. Rode Smartlav+ ini memiliki pickup pattern omni-directional dimana akan mengambil suara dari segala sisi. Sayangnya walau kualitas lavalier ini terbilang bagus, mic ini memiliki ukuran kabel yang bisa dibilang pendek.

Penutup

Jadi sekianlah dari saya mengenai artikel Microphone terbaik untuk memulai youtube & podcast. Rekomendasi microphone yang saya berikan adalah rekomendasi jujur dari saya yang juga seorang pemula dalam memulai karir di youtube & podcast. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan isi komentar di bawah ini.

Gravatar Image
Linux & Digital Marketing Enthusiast. Memiliki hobi untuk berbagi informasi dan wawasan melalui tulisan sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *