pengalaman facebook ads

Pengalaman bekerja menggunakan Facebook Ads

3 min read

Pengalaman saya bekerja dibidang digital advertising mengharuskan saya menggunakan facebook ads sebagai media periklanan, selain facebook ads masih banyak lagi media periklanan seperti Google Ads, Twitter, TikTok, Line, dan lain lainnya yang saat ini bisa kita gunakan untuk mengiklankan suatu produk.

Pada facebook ads, kita bisa mengiklankan sebuah produk ke beberapa media sosial yang terhubung dengan facebook seperti Instagram. Penempatan iklannya juga sangat bervariasi mulai dari story, timeline feed, in Article, kolom pencarian, dan lain lainnya.

pengalaman facebook ads

Harus mengerti teknik Copywriting

Singkatnya copywriting adalah teknik menulis yang dapat membuat pembaca melakukan sebuah aksi (call to action) terhadap sebuah brand yang kita iklankan CTA nya juga bisa diatur sedemikian rupa mau itu bentuknya sales, lead, ataupun hanya email subscription tergantung dari goal yang ingin dicapai dari brand tersebut.

Awalnya saya sempat berfikir aneh terhadap perusahaan yang menjual sebuah produk dengan teknik copywriting, karena jujur “dulu” kata-katanya itu terkesan lebay dan terlalu overclaim. Hal tersebut juga didukung oleh facebook yang kebijakan periklanannya “masih belum” ketat seperti sekarang ini. Dulu yang saya maksud adalah sekitar tahun 2014 sampai 2016 dimana mengiklankan sebuah produk yang kategorinya “dewasa” sudah pasti akan meraup untung yang sangat besar. Tidak ada istilah “AME” saat itu hehe.

Lalu kenapa harus mengerti teknik copywriting ? karena beriklan tanpa mengerti seluk beluk ilmu copywriting sama seperti kita mengendarai motor tanpa tahu kemana arah yang ingin kita tuju.

Ilmu copywriting sangat penting untuk dipahami oleh orang yang ingin belajar menggunakan facebook ads, agar iklan yang mereka buat tersampaikan dengan jelas sehingga akan menghasilkan sebuah konversi.

Tidak akan langsung untung

Pernah tidak kalian melihat iklan yang headline-nya membuat jari kita bergejolak ingin mengunjungi link pada iklan tersebut? misalnya

Diguyur keuntungan RATUSAN JUTA berjualan menggunakan Facebook Ads hanya modal SERATUS RIBU! MAU?

Bagi yang tabungannya sudah 3 digit keatas mungkin akan terasa biasa saja, tapi bagi yang tabungannya masih 1 digit pasti akan tergiur untuk mengunjungi tautan pada iklan tersebut.

Di Facebook Ads kita bisa menargetkan iklan agar diterima hanya ke orang tertentu saja sesuai penargetan yang kita berikan. Inilah yang membuat kenapa orang kaya berkemungkinan sangat kecil akan menerima iklan yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki pendapatan rendah.

pengalaman facebook ads

Tapi yang ingin saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya beriklan dengan facebook ads, iklan pertama yang kita buat tidak akan langsung meraup keuntungan yang sangat besar. Bisa saja keuntungan yang kita dapatkan hanya cukup untuk membayar modal iklan, atau bahkan merugi.

Untuk itu di Facebook Ads dikenal istilah split-testing yang tujuannya adalah untuk menemukan cara beriklan yang paling tepat untuk produk yang akan kita iklani, parameter split-testing yang berhasil tentu saja bisa dilihat dari biaya konversi yang termurah.

Lebih mudah cari kerja atau buka usaha

Memiliki bekal pengalaman dibidang periklanan online seperti Facebook Ads membuat saya lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan, dan tidak sedikit juga client yang menawarkan kerja sama kepada saya secara langsung untuk mengiklankan produk yang mereka jual.

Soal gaji biasanya mulai dari 1 digit hingga 2 digit (tergantung experience, perusahaan) dan itu belum termasuk hitungan bonus, untuk bonus biasanya juga didapat sekian persen dari keuntungan (tergantung perjanjian dengan perusahaan/client), jadi menurut saya ya lumayan. Apalagi jika kalian mampu menangani job dari beberapa client sekaligus.

Tapi jarang banget sih ya seseorang yang memiliki keahlian dalam beriklan online lalu bekerja dengan orang lain. Kebanyakan advertiser pasti sibuk untuk membuat usaha sendiri dan mengiklankan produknya sendiri, kecuali mereka yang masih kekurangan modal untuk membangun usahanya (semangat) hehe.

Jadi itu lah pengalaman saya ketika saya bekerja sebagai digital advertiser dengan menggunakan Facebook Ads. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar dibawah 🙂

Gravatar Image
Linux & Digital Marketing Enthusiast. Memiliki hobi untuk berbagi informasi dan wawasan melalui tulisan sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *