template superfast

Ulasan Saya Menggunakan Template Superfast

Posted on 5 min read

Terhitung sejak tanggal 2 Desember 2018 saya menggunakan template dari IDTheme ini, sampai saat ini jika saya mendapati masalah atau ketidaktahuan akan penggunaan template, dukungan yang diberikan selalu memuaskan dan cepat. Nah disini saya akan memberikan review atau ulasan saya mengenai template Superfast.

Sebelum saya membeli template ini, saya mulai dengan membaca landing pagenya dari awal hingga akhir, hal ini selalu saya lakukan sebelum saya memutuskan untuk membeli sebuah template agar tidak ada kesalahpahaman setelah membeli template.

Ulasan yang akan saya berikan dibawah ini akan saya bahas secara lengkap mulai dari kelebihan yang diberikan serta kekurangan dari template superfast ini. Jadi ulasan yang saya berikan adalah ulasan yang jujur dan tidak dipaksa oleh pihak manapun. Dan ulasan mengenai template ini akan saya update secara berkala jika ada sesuatu yang harus ditambahkan.

Kelebihan Template Superfast

#1 Template Yang Sederhana & Powerful

Jujur saja, setelah saya membeli template ini dan mencobanya pada website ariestwn. Saya terkesima dengan tampilan yang sederhana, loading halaman yang cepat serta kustomisasi tampilan yang terbilang lumayan lengkap.

Saat awal menggunakan template tanpa melakukan tweak terhadap wordpress & server, score pagespeed yang didapatkan dari template ini terbilang cukup tinggi. Untuk tampilan mobile, website ini mendapatkan nilai 75 sedangkan untuk tampilan Desktop, website ini mendapatkan nilai 85.

Setelah melakukan beberapa tweak..

Score yang didapatkan dengan GTmetrix
Score yang didapatkan dengan GPS

Untuk perbandingan saja, bahkan demo template superfast yang disediakan oleh IDTheme hanya 97 untuk tampilan Mobile, dan nilai 100 untuk tampilan desktop. Dengan catatan nilai tersebut didapatkan tanpa menggunakan tracking analytics. Karena saya sendiri belum pernah menjumpai website dengan beban plugin serupa dan mendapatkan nilai sempurna untuk tampilan mobile maupun desktop.

Perbandingan ariestwn & demo superfast

Sedangkan untuk konfigurasi terbaru yang saya gunakan pada website saya saat ini, score pagespeed yang saya dapatkan untuk tampilan mobile adalah 99, sedangkan untuk tampilan desktop tetap mendapatkan nilai sempurna yaitu 100. Nilai tersebut saya dapatkan dengan beberapa tweak seperti kompress gambar, serta menambahkan responsive design dengan meniadakan thumbnail pada versi mobile. Untuk plugin yang saya gunakan bisa dilihat dibawah ini :

  • Async Javascrip
  • Autoptimize
  • Idblog core
  • OTF regenerate thumbnails
  • Q2W3 Fixed Widget
  • SuperPWA
  • YoastSEO
  • WP-Optimize
  • Autoptimize
  • Idblog core

Jika anda penasaran ingin melihat pagespeed website saya secara langsung, Anda bisa mengunjunginya melalui halaman ini.

#2 Template dengan dukungan memuaskan

Jujur, saya sebenarnya adalah orang yang anti untuk membeli produk/layanan dari perusahaan/organisasi lokal. Hal tersebut saya katakan karena pengalaman buruk saya saat membeli produk/layanan lokal, dukungan yang didapatkan hanya bertahan selama 1 sampai 2 minggu, sisanya saya hanya mendapatkan dukungan malas – malasan.

Biasanya layanan yang hanya bertahan 1 sampai 2 minggu adalah layanan yang bertipe sekali pembelian (One Time Purchase). Masalah ini biasa terjadi karena klien yang mereka dapatkan jumlahnya tidak sebanding dengan jasa yang mereka harus keluarkan. Sehingga tidak sedikit perusahaan produk/layanan yang cuma bertahan setengah tahun setelah launch produk.

berbeda dengan IDtheme..

Awal – awal saya sengaja untuk mencari kekurangan dari template ini dan sering banget menanyakan dukungan akan templatenya, malahan si adminnya membalas dengan sabar dan cepat pula :D, saya jadi merasa sedikit tidak tega sehingga pada masalah berikutnya saya lebih memilih mencari jalan keluarnya sendiri sampai buntu baru saya menanyakan masalah kepada adminnya.

#3 Harga yang tidak pantas dengan fiturnya

Fitur yang saya jelaskan diatas hanya bagian pentingnya saja, sebenarnya masih banyak fitur yang dibawakan template ini seperti dukungan rich snippet, related post, search engine optimized, dan lain lainnya yang tidak bisa saya jelaskan satu persatu di halaman ini.

Dengan fitur segitu banyak, dan hanya dibandrol dengan harga $20 saja ? harganya ini menurut saya sedikit tidak pantas dengan fitur yang diberikan, tapi ya sudah jangan dinaikkan lagi ya pak, segini saja harganya 😀

Dengan harga segitu, saya sudah mendapatkan full support selamanya sampai umur adminnya memasuki umur tidak produktivitas lagi, atau mungkin dukungannya akan diturunkan kepada kerabat atau saudaranya kita tidak tahu.

Selain dengan dukungan sepenuhnya, saya juga bisa menggunakan template ini bebas (unlimited) ke semua website yang saya miliki, tetapi terbatas hanya untuk website milik saya saja (tidak untuk klien), untuk mendapatkan hak pemasangan template pada website klien anda harus mengeluarkan dana sebesar $35.

Kekurangan Template Superfast

Sayangnya, kesempurnaan itu hanya ada pada ciptaan tuhan (maaf buat yang atheis). Segala sesuatu yang diciptakan manusia pasti memiliki kekurangan, begitu pula dengan template yang saya beli dan gunakan ini. Berikut ini beberapa kekurangan yang akan saya jabarkan dibawah ini :

#1 Tidak ada fitur ganti bentuk navigasi

Saya lebih menyukai navigasi dengan logo yang menyatu (inline) dengan menu utama daripada dengan menaruh logo diatas menu utama. Karena menurut saya, logo yang sejajar dengan menu navigasi lebih hemat ruang untuk elemen lainnya pada website sehingga membuat tampilan nyaman untuk dilihat.

template superfast
contoh tampilan navigasi bawaan
contoh tampilan navigasi setelah di kustomisasi manual

Untuk mendapatkan tampilan navigasi yang saya inginkan, akhirnya saya terpaksa untuk membongkar kode secara manual yang membuat saya menghabiskan waktu ± 5hari. Dalam waktu 5 hari tersebut sudah termasuk perubahan logo agar lebih sesuai dengan tampilan navigasi yang baru.

#2 Tidak ada fitur custom sidebar untuk custom halaman

Custom sidebar untuk custom halaman cukup memiliki peran penting untuk menyembunyikan widget yang tidak perlu digunakan pada halaman tertentu atau dengan metode membagi sidebar untuk halaman tertentu.

Untuk mengakali ini masalah ini sebenarnya cukup mudah, saya tinggal menyembunyikan elemen widget pada halaman tertentu dengan menggunakan css. Tetapi akan lebih mudah lagi dan puas lagi jika fitur ini kedepannya dibuatkan oleh developer template nya 😀

#3 Tidak ada Menu Footer

Template ini memiliki 2 menu yang Above The Fold, saya kurang menyukai 2 menu navigasi sekaligus pada bagian atas sebuah website, karena hal ini dapat membuat pengunjung blog kehilangan fokus dengan konten yang harusnya mereka baca.

Saya sudah mencoba untuk mengakali dengan menambah menu footer secara manual, hasilnya tidak begitu memuaskan sehingga saya hanya mengakalinya dengan menggabungkannya dengan disclaimer sederhana pada bagian footer.

Kesimpulan

Secara keseluruhan saya sudah puas dengan menggunakan template superfast ini, namun saya juga tidak munafik untuk tidak mengaharapkan adanya fitur baru yang sesuai. Kabar terbaru dari adminnya, template ini akan dihilangkan beberapa fitur yang menurut admin tidak penting. Saya juga tidak tahu fitur apa yang akan dihilangkan & ditambah, karena saya juga menantikan pembaharuan tersebut.

Nilai ulasan :
Harga : 9/10
SEO : 8/10
Speed : 8/10
Fitur : 8/10
Dukungan : 9/10

Gravatar Image
Singkatnya tentang saya, seorang mahasiswa yang tinggal di Medan. Tidak suka mengkoleksi buku tetapi sangat suka membaca, Selengkapnya.

6 thoughts on “Ulasan Saya Menggunakan Template Superfast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *